Pemeriksaan, Tim BPK akan Berada di Kuansing Puluhan Hari ke Depan

Pemeriksaan, Tim BPK akan Berada di Kuansing Puluhan Hari ke Depan

20 Februari 2024
Bupati Kuansing, Suhardiman Amby sambut Tim BPK

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby sambut Tim BPK

RIAU1.COM - Kedatangan Tim BPK untuk melakukan entry meeting pelaksanaan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemkab Kuantan Singingi Tahun Anggaran 2023 awal pekan ini diterima Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs. H. Suhardiman Amby.

"Hari ini sesuai ketentuan Undang-undang, BPK kembali berkunjung untuk melakukan pemeriksaan. Untuk itu, diperlukan peran proaktif dari segala elemen baik itu OPD, Camat, lurah dan aparatur lainnya untuk menjalin kerjasama dan komunikasi agar memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dari rekan-rekan dari BPK," kata Suhardiman Amby.

Sebut dia, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi sudah 11 kali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), maka diminta kepada semua aparatur untuk memberikan kebutuhan pelaporan dan pencatatan secara transparan agar Kuansing kembali mempertahankan predikat WTP,"ujarnya lagi.

Sementara Ketua Tim BPK Yusie Rossita mengucapkan terimakasih kepada Bupati H. Suhardiman Amby yang sudah menyambut baik dan memenuhi kebutuhan dokumen yang dibutuhkan tim sebelum melaksanakan tugas selama 28 hari ke depan di Kabupaten Kuantan Singingi.

"Tujuan pemeriksaan interim ini, yakni untuk memantau tindak lanjut hasil pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya, menilai efektivitas SPJ dalam menyusun LKPD dan memberikan kesimpulan hasil review atas SPJ, menilai kepatuhan atas peraturan Undang-undang terutama kesesuaian SAP dan kebijakan akutansi atas transaksi selama periode yang diperiksa serta melakukan pengujian subtantif pada transaksi saldo akun tertentu," jelas Yusie Rosita.*