Kenduri Sekampung Digelar di Pulau Terluar Provinsi Riau

Kenduri Sekampung Digelar di Pulau Terluar Provinsi Riau

11 September 2023
Kenduri Sekampung di Meranti

Kenduri Sekampung di Meranti

RIAU1.COM - Kabupaten Kepulauan Meranti, tepatnya di Pulau Rangsang digelar Kenduri Sekampung. Acara ini berlangsung selama dua hari.

Kecamatan Rangsang merupakan pulau terluar di bagian barat Indonesia. Lokasinya tepat berada di bibir pantai selat Malaka. Berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. 

Kecamatan Rangsang sendiri memiliki  luas wilayah 411,12 km. Dihuni 61,262 jiwa dengan 5,544 kepala keluarga. Adapun rincian, di Rangsang sebanyak 21.002 penduduk, Rangsang Pesisir 19.785 penduduk dan Rangsang Barat 20.475 penduduk.

Potensi sumber daya alam di daerah ini adalah bidang perkebunan khususnya kelapa dan karet serta sektor perikanan. Untuk mata pencaharian masyarakat Rangsang mayoritas nelayan dan bertani.

Acara Kenduri Sekampung dihadiri Gubernur Riau diwakili Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy. Dia datang beserta istri Tengku Reny Asmahrani. Mereka larut mengikuti acara Istiqosoh dan doa bersama warga setempat. 

Acara digelar bersempena memeriahkan HUT Ke XXVIII Kecamatan Rangsang. Berbagai rangkaian acara juga digelar, yakni Perkemahan Akbar Kwartir Cabang Pramuka se Kabupaten Kepulauan Meranti.

Selain itu, ada pula acara jalan santai berhadiah sepeda motor dari Gubernur Riau melalui Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy. Jalan santai digelar dari subuh dan diikuti oleh 9500 orang. Lalu, pada sore hari ada acara acara Istighosah, diikuti 2.000 orang. 

"Hadirnya kita disini mewakili Pak Gub juga untuk menyapa masyarakat kita dan masyarakat kita bisa menyampaikan aspirasinya," kata Masrul Kasmy.

"Untuk dana acaranya itu dari swadaya masyarakat, sedangkan untuk hadiah kegiatannya itu 2 sepeda motor dari Gubernur Riau, Bupati Meranti menyumbangkan beberapa sepeda juga 1 sapi dan dari pihak kecamatan 10 juta," ujarnya 

Ia berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat berlangsung kembali. "Semoga melalui acara ini Acara ini kedepannya bisa lebih besar lagi dan meriah lagi bahkan bisa berskala Provinsi," harap Masrul Kasmy.

Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) Asmar mengatakan, HUT Kecamatan Rangsang ke XVIII merupakan ajang berkumpul dengan seluruh masyarakat. Kegiatan ini bisa dijadikan ajang intropeksi Pemerintah Kecamatan. 

"Dengan momentum ini semoga masyarakat bisa saling bahu-membahu dan mendukung semua program pemerintah untuk bersama-sama  membangun desa, kecamatan, dan Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi lebih baik lagi. Semoga kesejahteraan masyarakat saat ini bisa ditingkatkan untuk masa yang akan datang," sebut Asmar.*