Mengenal Mulyono Pengemudi Gojek Berjulukan Driver 001

Mengenal Mulyono Pengemudi Gojek Berjulukan Driver 001

18 Oktober 2019
Mulyono pengemudi Gojek pertama (Foto: istimewa/internet)

Mulyono pengemudi Gojek pertama (Foto: istimewa/internet)

RIAU1.COM - Angka 1 yang identik dengan posisi puncak sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Tak terkecuali dengan pengemudi pertama pada salah satu penyedia layanan ojek, Gojek di Indonesia.


Namanya Mulyono sering disebut sebagai driver 001. Dia mengaku awal karirnya bergabung bersama Gojek di tahun 2010 dikutip dari antaranews.com, Jumat, 18 Oktober 2019.

Saat pertama bergabung jauh berbeda jika dibandingkan saat ini. Dan saat itu pengemudi Gojek baru berjumlah 20 orang, termasuk dirinya.

Merasa menemukan keuntungan, baik secara finansial maupun fleksibilitas jam kerja, Pak Mul mengajak teman-temannya di pangkalan ojek tempat dia bekerja dulu di daerah Kebayoran Baru untuk bergabung. Namun tidak berhasil. Waktu itu hanya dia dan seorang teman yang bergabung dengan ojek online di pangkalan tersebut.

Penolakan bukan hanya datang dari teman-temannya, tapi juga ojek pangkalan di daerah lain.

Loading...

"Waktu itu belum ada aplikasi. Jadinya menarik penumpang setelah mendapatkan pesanan melalui telepon, sesuatu yang asing banget," sebutnya.

Cara kerja ojek online waktu itu berbeda dengan yang dikenal sekarang, mirip memesan layanan taksi. Konsumen menelepon ke call center lalu diproses.

Selanjutnya, Pak Mul mendapatkan SMS berupa rincian pesanan, termasuk lokasi penjemputan.

Di tahun 2015 Gojek lalu berinovasi mengembangkan aplikasi untuk mempermudah pemesanan melalui ponsel hingga saat ini.