Pengamat Sebut Tak Ada Upaya Serius Firdaus Atasi Banjir di Pekanbaru

Pengamat Sebut Tak Ada Upaya Serius Firdaus Atasi Banjir di Pekanbaru

27 April 2021
Sejumlah kendaraan menerobos genangan air di Jalan Sembilan, Rumbai

Sejumlah kendaraan menerobos genangan air di Jalan Sembilan, Rumbai

RIAU1.COM -Pengamat kebijakan publik UIN Suska Riau Elfiandri menilai Walikota Pekanbaru Firdaus tidak memiliki upaya serius untuk mencegah dan mengatasi banjir yang berulang kali terjadi di Ibu Kota Riau ini.

Menurut Elfiandri, ketidakseriusan Firdaus terlihat tidak adanya pemeliharaan saluran air atau drainase yang dibangun serta aturan sumur resapan yang tidak terjalankan setiap memberikan izin bangunan. 

"Kalau serius tentu dikaji bagaimana banjir tidak terjadi lagi, katanya. Selasa 27 April 2021.

Dan jika Walikota tak bisa sambungnya, tentu diserahkan pada jajaranya yang mengurus ini. Jadi tidak sulit jika memang serius dalam mengatasi banjir ini.

"Maka dari itu kita meminta pemerintah Pekanbaru agar serius dalam penanganan banjir ini,"ujarnya.

Kemudian Elfiandri juga mengkritisi soal pembangunan drainase yang tidak sesuai dengan kapasitas curahan hujan serta drainase yang tidak terhubung dengan yang lain. Menurutnya kondisi tersebut salah satu penyebab banjir.

"Di kawasan Panam misalnya terdapat drainase yang sudah dibangun tapi tidak terhubung dengan drainase yang lain ini merupakan salah satu sebab banjir terjadi,"pungkasnya.

Dalam dari itu Elfiandri juga meminta dalam penanganan banjir ini agar tidak saling menyalahkan terhadap pemerintah sebelumnya. Karna jika saling menyalahkan persoalan banjir tak akan selesai-selesai. 

"Yang perlu saat ini adalah apa yang harus kita lakukan sekarang agar persoalan banjir ini bisa selesai,"tuturnya.

Sekedar informasi, sejumlah daerah di Pekanbaru masih tergenang banjir akibat hujan lebat. Seperti jalan Sembilang Rumbai menuju Sudirman Ujung dimana air setinggi lutut orang dewasa menggenangi jalan di dekat Jembatan Siak IV tersebut. 

Pantauan di lapangan, banyak warga terpaksa menuntun sepeda motornya karna khawatir mogok.

Personil Polantas beserta Babinsa yang berada di lokasi terlihat mengarahkan pengendara untuk melambatkan laju kendaraan. Sementara untuk kendaraan roda empat bisa melintas dengan baik.