Pengurus LAM dan DPH LAM se Pekanbaru Tolak PLT Yang Ditunjuk Datuk Syahril Abu Bakar

Pengurus LAM dan DPH LAM se Pekanbaru Tolak PLT Yang Ditunjuk Datuk Syahril Abu Bakar

3 Juni 2021
Pengurus LAM dan DPH LAM se Pekanbaru Tolak PLT Yang Ditunjuk Datuk Syahril Abu Bakar

Pengurus LAM dan DPH LAM se Pekanbaru Tolak PLT Yang Ditunjuk Datuk Syahril Abu Bakar

RIAU1.COM -Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) kota Pekanbaru dan Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Se Kota Pekanbaru menolak keras PLT yang tunjuk ketua DPH LAM Riau Datuk Syahril Abu Bakar. 

Penunjukan PLT LAM Pekanbaru diberikan kepada kepada Datuk Khairul Zainal sebagai ketua DPH dan Datuk Rizaldi sebagai sekretaris. Pemberian ini pasca ketua DPH Datuk Yose Saputra ditangkap polisi  terkait kasus teror kepala anjing dirumah Kasi Penkum dan Humas Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Muspidauan belum lama ini.

"Kami dari segenap ketua DPH LAM kecamatan beserta segenap pengurus LAM Pekanbaru menolak keputusan tersebut. Karena itu merupakan tindakan inkonstitusi atau bertentangan dengan anggaran dasar rumah tangga AD/ART,"kata Ketua LAM kecamatan Rumbai Pesisir kota Pekanbaru Muhammad Irfan Datuk Laksamana dalam jumpa pers dengan awak media di kantor LAM Pekanbaru. Kamis 3 Juni 2021.

Selain bertentangan AD/ART, katanya alasan penolakan penunjukan PLT tersebut karena LAM kota Pekanbaru masih memiliki kepengurusan yang sah dengan memegang SK 2017-2022. Dan secara kepengurusan setelah pengunduran diri Datuk Yose Saputra sebagai ketua DPH LAM kota karena tersangkut kasus tindak pidana maka kepengurusan LAM kota baik MKA atau DPH akan melakukan Musyawarah dan mufakat menunjuk penganti Datuk Yose Saputra.

"Artinya bukan DPH LAM Provinsi Riau yang menunjuk penganti ketua DPH tersebut. Sebab dalam hal ini pihak LAM provinsi Riau hanya bisa mengarahkan agar kepengurusan LAM kota Pekanbaru mengadakan musyawarah penunjukan Plt sesuai AD/ART,"pungkasnya.

Jadi pihaknya meminta Datuk Syahril untuk tidak memperkeruh dengan menunjuk PLT di LAM kota Pekanbaru sebab itu bukan ranah dari LAM provinsi Riau.

"Dan kami masih sah memimpin dikacamatan masing-masing, jadi Datuk Syahril harus mengundang dan melibatkan kami untuk bermusyawarah jangan seenak-enaknya membuat keputusan sendiri,"sesalnya.

Sementara itu hal yang sama juga disampaikan oleh ketua LAM Payung Sekaki Datuk Anju Syarifuddin yang menyebutkan bahwa Datuk Syahril tidak berkoordinasi dengan pimpinan se kota Pekanbaru dalam penunjukan PLT LAM kota Pekanbaru ini.

"Kita juga meminta Syahril mencabut statmennya di media yang mengatakan akan melakukan konsolidasi masalah kecamatan yang di Plt-kan oleh Kahirul  Zainal,"ujarnya.