Peringati Hari Pajak, Kanwil DJP Riau Gelar Donor Darah di Transmart Pekanbaru

Peringati Hari Pajak, Kanwil DJP Riau Gelar Donor Darah di Transmart Pekanbaru

17 Juli 2021
Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi didampingi Kepala Kanwil DJP Riau Farid saat memantau aksi donor darah di Transmart Carrefour Pekanbaru, Jumat (16/7/2021). Foto: Istimewa.

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi didampingi Kepala Kanwil DJP Riau Farid saat memantau aksi donor darah di Transmart Carrefour Pekanbaru, Jumat (16/7/2021). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Riau bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru dan Relawan Peduli Covid-19 Riau menyelenggarakan kegiatan Riau Mendonor di Transmart Pekanbaru, Jumat (16/7/2021). Kegiatan donor darah ini dalam rangka memperingati Hari Pajak yang jatuh pada 14 Juli 2021 yang lalu.

Selain kegiatan Riau Mendonor, Hari Pajak tahun ini juga diperingati melalui berbagai kegiatan. Rangkaian Hari Pajak ini seperti DJP Peduli yang merupakan kegiatan kunjungan ke Panti Asuhan dan Panti Jompo di wilayah Provinsi Riau. Kemudian, Olimpiade PSIAP (Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan) yang diselenggarakan bagi pegawai internal Direktorat Jenderal Pajak, serta Edukasi Perpajakan melalui radio dalam kegiatan Bijak (Bincang Pajak).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pajak atas kegiatan ini. Di tengah pandemi corona ini, kegiatan donor darah sangat dibutuhkan apalagi dengan tingginya permintaan terhadap donor plasma konvalesen. Semoga melalui kegiatan ini, selain stok darah yang akan kembali terisi oleh darah para pendonor hari ini, usaha yang dijalankan oleh para pendonor juga akan memperoleh untung. Tapi ingat, jangan sampai lupa membayar pajak, karena orang bijak pasti bayar pajak," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai membuka kegiatan donor darah dalam rangka Hari Pajak di Transmart Carrefour Pekanbaru. 

Kesempatan yang sama, Kepala Seksi Teritorial Korem 031 Wira Bima Kolonel (Kav) Jonny Harianto mengatakan, kegiatan donor darah harus tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. Kegiatan Riau Mendonor diselenggarakan oleh Kanwil DJP Riau dikarenakan semakin menipisnya stok darah yang dimiliki oleh PMI Kota Pekanbaru.

"Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih mendiami Riau mengharuskan stok darah harus tetap dalam kondisi siap jika dibutuhkan, khususnya plasma konvalesen. Plasma konvalesen banyak diperlukan oleh masyarakat yang terjangkit Covid-19," ujarnya. 

Kepala Kanwil DJP Riau Farid Bachtiar mengatakan, pihaknya ingin berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan masyarakat di Kota Pekanbaru. Selain itu, ia juga berharap ekonomi bisa segera berjalan seperti sediakala. Sehingga, penerimaan pajak bisa meningkat karena berbagai kebutuhan. Vaksin yang digunakan oleh masyarakat juga berasal dari pajak yang dibayarkan. 

"Semoga para pendonor selalu dalam kondisi sehat, dapat melaksanakan usaha dan pekerjaan dengan baik. Sehingga, perekonomian khususnya di Wilayah Provinsi Riau dapat bergerak dan pemulihan ekonomi nasional akan segera terwujud," harapnya. 

Hari Pajak tahun ini merupakan Hari Pajak ke-dua yang dilaksanakan dalam suasana pandemi. Meskipun begitu, kemeriahan dan makna sesungguhnya dari Hari Pajak tidak berkurang. 

"Semoga tahun depan, kami dapat mengikuti rangkaian kegiatan Hari Pajak tanpa menggunakan masker dan bebas berkegiatan dengan sesama," ucap Farid.