Pj Wali Kota Pekanbaru Ajak Warga Meriahkan HUT Ke-77 RI Penuh Kegembiraan

Pj Wali Kota Pekanbaru Ajak Warga Meriahkan HUT Ke-77 RI Penuh Kegembiraan

17 Agustus 2022
Paskibra membentangkan bendera Merah Putih saat upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (17/8/2022). Foto: Surya/Riau1.

Paskibra membentangkan bendera Merah Putih saat upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (17/8/2022). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menggelar upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (17/8/2022). Warga Pekanbaru diimbau memeriahkan HUT Kemerdekaan dengan penuh kegembiraan. 

"Semangat perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia begitu luar biasa. Perjuangan itu bukan semata-mata untuk dikenal namanya. Namun, perjuangan itu dilakukan penuh semangat meraih cita-cita," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun usai upacara HUT Kemerdekaan RI.

Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Perjuangan  masih belum berakhir. 

Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang. Tapi, Kemerdekaan itu tanda untuk berjuang lebih keras lagi. 

"Pada tahun ini, kita kembali merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tentunya, dengan penuh kegembiraan dan semangat perjuangan," ucap Muflihun. 

Asa dan semangat juang yang diwariskan oleh para pahlawan bangsa akan terus membara. Di Momen Hari Kemerdekaan ini, warga Pekanbaru diajak bersama-sama untuk bersatu dan bergotong-royong mempercepat pemulihan kondisi pada semua sektor serta siap untuk menghadapi tantangan global.

Muflihun juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Disampaikan, krisis kesehatan, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia juga belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba, perang Ukraina meletus. Sehingga, krisis pangan, energi, dan keuangan tak terhindarkan. 

Sebanyak 107 negara terdampak krisis dan sebagian di antaranya jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem. 

Sementara itu, 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan akut dan kelaparan. Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan Indonesia. 

"Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan. Di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur bahwa Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global," ucap Muflihun

Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan.

Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen. 

Inflasi Indonesia jauh di bawa inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen. Bahkan sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN juga surplus Rp106 triliun. 

Oleh karena itu, pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, elpiji, dan listrik sebesar Rp502 triliun pada tahun ini. Agar, harga BBM tidak melambung tinggi di masyarakat. 

Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal kedua tahun ini. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut. Pada semester pertama tahun ini, surplus neraca perdagangan sekitar Rp364 triliun. 

"Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak. Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan hati-hati. Di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia maju," sebut Muflihun.