BWSS III Kemen PUPR Normalisasi Sungai Sail Pekanbaru Tahun Ini

BWSS III Kemen PUPR Normalisasi Sungai Sail Pekanbaru Tahun Ini

14 April 2024
Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) menormalisasi sungai Sail pada tahun ini. Normalisasi sungai Sail sepanjang 4,2 Kilometer. 

"Dalam hal penanganan banjir, kami sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan BWS III pada tahun ini. BWSS  akan melakukan normalisasi sungai Sail sepanjang 4,2 Kilometer," kata Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah, Minggu (14/4/2024). 

Normalisasi sungai Sail ini membutuhkan izin Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Karena, panjang sungai Sail yang dinormalisasi BWSS lebih dari 1 Km. 

"Kami juga mengerjakan normalisasi hulu sungai Sail sepanjang satu kilometer. Normalisasi sungai Sail sepanjang satu kilometer tapi perlu AMDAL," jelas Edu, sapaan akrabnya. 

Diberitakan sebelumnya, Ditjen Kemen PUPR menyetujui MoU antara BWSS III dengan Pemko Pekanbaru dalam normalisasi sungai Sail. Pemko diminta meningkatkan intensitas kerja sama dengan BWSS III. 

Dalam MoU antara Pemko Pekanbaru dengan BWSS III, wilayah kerja sungai Sail telah dibagi menjadi dua. Dinas PUPR Pekanbaru bertugas untuk mengelola sungai Sail mulai dari Jembatan Sail di wilayah Harapan Raya hingga ke hulu di Kecamatan Kulim. 

Sedangkan Jembatan Sail Harapan hingga ke muara Sungai Siak merupakan kewenangan BWSS III. Namun demikian, pemko juga tidak bisa membiarkan jika ada keluhan warga yang terdampak banjir di wilayah hilir sungai Sail. 

Terkait pembenahan jalur sungai Sail oleh BWSS III, Pemko tetap membantu melakukan sosialisasi ke masyarakat. Karena, wilayah hilir sungai Sail akan dilebarkan.