Cuaca Pekanbaru Mulai Panas di Awal Bulan Ini

Cuaca Pekanbaru Mulai Panas di Awal Bulan Ini

1 Maret 2024
Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Cuaca hujan sudah mulai berkurang di Pekanbaru saat ini. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) belum memperoleh informasi terbaru dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi sudah selesai kemarin. Sampai saat ini, kami belum mendapatkan arahan lebih lanjut, apakah status itu diperpanjang atau tidak," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra, Jumat (1/3/2024). 

Status Siaga Darurat Hidrometeorologi sudah diperpanjang dua kali, Januari hingga Februari 2024. Pasalnya, Pekanbaru dan daerah Riau lainnya rawan terjadi banjir dan longsor akibat curah hujan tinggi saat itu. 

"Perpanjangan status tersebut juga seiring dengan kebijakan Pemprov Riau yang juga telah memutuskan memperpanjang siaga darurat bencana hidrometeorologi hingga 29 Februari. Sesuai arahan pimpinan, kami samakan perpanjangannya dengan Pemprov Riau," ungkap Zarman. 

Meskipun belum ada arahan lebih lanjut, warga diimbau berjaga-jaga dan tetap waspada terhadap kebakaran lahan. Mengingat saat ini, cuaca mulai panas dan berpotensi menyebabkan kebakaran lahan.