Dinkes Pekanbaru Imbau Orang Tua Bawa Anak Imunisasi Polio

Dinkes Pekanbaru Imbau Orang Tua Bawa Anak Imunisasi Polio

15 April 2023
Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru mengimbau para orang tua agar membawa anaknya untuk imunisasi Polio di puskesmas terdekat. Karena, penyakit Polio ini rentan diderita anak di bawah lima tahun (balita). 

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Sabtu (15/4/2023), mengatakan, Polio (poliomyelitis) adalah penyakit menular yang disebabkan virus Polio. Virus Polio menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan mendadak, kecacatan permanen, atau bahkan kematian akibat kelemahan otot pernafasan. 

"Hampir 90 persen dari yang terinfeksi tidak mengalami gejala atau gejala ringan seperti sakit tenggorokan, demam, mual, kelelahan, sakit kepala, kekakuan di leher, nyeri pada anggota badan, nyeri perut. Anak yang terinfeksi virus Polio berisiko mengalami kelumpuhan," ujarnya. 

Kelumpuhan biasa terjadi dalam 7-21 hari setelah terinfeksi. Apabila ditemukan kasus kelumpuhan mendadak pada anak di bawah 15 tahun, segera laporkan ke puskesmas terdekat. 

Kasus Polio paling banyak terjadi pada anak di bawah lima tahun (balita). Namun, Polio juga dapat terjadi pada semua usia. 

"Polio tidak dapat diobati, hanya dapat dicegah dengan imunisasi Polio. Segera bawa anak untuk mendapatkan imunisasi Polio," ucap Dokter Bob, sapaan akrabnya.