Disdik Pekanbaru Imbau Sekolah Batalkan Rencana Study Tour ke Sumbar

Disdik Pekanbaru Imbau Sekolah Batalkan Rencana Study Tour ke Sumbar

13 Mei 2024
Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengimbau sekolah membatalkan rencana study tour ke Sumatera Barat (Sumbar). Pasalnya, Sumbar tengah mengalami longsor dan banjir saat ini. 

"Saya minta tak usah dulu keluar Pekanbaru. Apalagi, bencana alam banyak terjadi sekarang di Sumbar seperti tanah longsor dan banjir," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Senin (13/5/2024).

Apabila memang diperlukan untuk pembelajaran bagi peserta didik, Disdik akan memberikan izin dengan catatan perjalanan study tour hanya sampai ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar. Study tour yang diizinkan hanya hingga tempat wisata di Harau. 

"Kalau sebatas Harau, mungkin masih bisa. Karena yang rawan bencana itu dari Bukittinggi ke atas," ujar Jamal. 

Bagi sekolah yang ingin menggelar perpisahan dengan mengajak peserta didik rekreasi ke wilayah Sumbar, Jamal menyatakan tidak akan diberikan izin. Satu sekolah telah ditolak untuk pesta perpisahan di Sumbar

"Kami mengimbau agar acara pesta perpisahan hanya digelar secara sederhana di sekolah masing-masing. Acara yang digelar juga harus kesepakatan dengan orang tua peserta didik," tegas Jamal.