Disketapang Pekanbaru Sosialisasi Program Kampung Pangan di Bukit Raya

Disketapang Pekanbaru Sosialisasi Program Kampung Pangan di Bukit Raya

24 Mei 2023
Disketapang Pekanbaru saat sosialisasi program Kampung Pangan di Kecamatan Bukit Raya pada 22 Mei 2023. Foto: Istimewa.

Disketapang Pekanbaru saat sosialisasi program Kampung Pangan di Kecamatan Bukit Raya pada 22 Mei 2023. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru melakukan sosialisasi program Kampung Pangan ke kaum wanita di Gang Kencana VI, Jalan Sakuntala, Kecamatan Bukit Raya pada 22 Mei 2023. Program Pemko Pekanbaru ini guna meningkatkan ketahanan pangan di tengah masyarakat. 

"Program ini sekaligus dalam upaya meningkatkan kreativitas usaha masyarakat lewat pengolahan pangan yang diharapkan bisa membangkitkan usaha kecil mikro dan menengah," kata Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Cadangan Pangan Disketapang Pekanbaru Dinal Husna, Rabu (24/5/2023). 

Dengan program ini, Disketapang juga ingin membangkitkan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) yang bergerak di usaha pengolahan pangan. Disketapang akan memberi dukungan sarana prasarana dan pelatihan yang dilaksanakan dalam waktu dekat. 

"Kami akan membuat dalam bentuk kelompok masyarakat agar usaha yang dikelola bisa digarap bersama-sama. Sehingga bisa menjadi usaha yang bisa melibatkan banyak masyarakat," jelas Dinal. 

Dengan semakin banyak masyarakat dilibatkan dalam usaha ini dalam perkembangannya, Disketapang akan memastikan bahwa kawasan tersebut bebas dari kerentanan dan rawan pangan. 

"Tahun ini, ada kelompok usaha pangan yang akan mengikuti program ini. Kelompok ini tersebar di beberapa kecamatan," ujar Dinal. 

Kelompok-kelompok ini akan mendapatkan pelatihan terkait dengan pengayaan dan penganekaragaman pengolahan bahan makanan berbasis lokal, teknik pemasaran, dan pengembangan usaha dari yang sudah ada. Saat ini, Disketapang juga menghimpun dan mendata potensi dari anggota kelompok yang akan diikutsertakan pada program Kampung Pangan

''Rencananya, ada 40 orang yang akan kami ikut sertakan dalam pelatihan. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang pelaku usaha di bidang pangan,'' sebut Dinal.