Fasilitas RSD Madani Pekanbaru Lampaui Syarat Rumah Sakit Tipe C

Fasilitas RSD Madani Pekanbaru Lampaui Syarat Rumah Sakit Tipe C

19 Desember 2023
Direktur RSD Madani Dokter Arnaldo Eka Putra. Foto: Surya/Riau1.

Direktur RSD Madani Dokter Arnaldo Eka Putra. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Fasilitas Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru telah melampaui syarat sebagai rumah sakit tipe C. Karena itu, RSD Madani langsung meraih akreditas paripurna. 

"Guna mencapai akreditasi paripurna, kami harus memenuhi semua aspek, baik itu pelayanan, sarana prasarana, maupun sumber daya manusia. Sarana dan prasarana yang kami miliki sudah melebihi rumah sakit tipe C," kata Direktur RSD Madani Pekanbaru Dokter Arnaldo Eka Putra, Selasa (19/12/2023). 

RSD Madani memiliki layanan ortopedi. Pada umumnya, rumah sakit jarang punya. 

"Kami juga memiliki sport science. Kami ada rehabilitasi medik (terapi yang dilakukan guna mengembalikan fungsi tubuh yang mengalami masalah)," jelas Dokter Naldo.

Sebelumnya, RSD Madani harus berjuang mendapatkan akreditasi sejak diresmikan awal tahun 2018. Karena proses akreditasi setiap lima tahun, proses akreditasi baru bisa dijalani RSD Madani tahun ini.

Akreditasi ini penting, salah satunya sebagai syarat menjalani kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Seiring berjalannya waktu sejak 2018, fasilitas dan bangunan RSD Madani terus dilengkapi. 

Dokter spesialis yang semula hanya 26 orang, kini sudah bertambah menjadi dua kali lipat. Pantas, RSD Madani langsung meraih predikat akreditasi paripurna. 

Tahun depan, RSD Madani menambah layanan kesehatan. Ada dua layanan kesehatan yang akan disediakan yaitu ruang cuci darah dan stroke center.