Pasar Murah Disketapang Pekanbaru Ludes Diserbu Warga

Pasar Murah Disketapang Pekanbaru Ludes Diserbu Warga

20 Oktober 2023
Warga mengantre untuk belanja di pasar murah yang digelar Disketapang di Kelurahan Bencah Lesung pada 16 Oktober 2023. Foto: Istimewa.

Warga mengantre untuk belanja di pasar murah yang digelar Disketapang di Kelurahan Bencah Lesung pada 16 Oktober 2023. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Gerakan Pasar Murah (GPM) digelar Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru di Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, pada 16 Oktober 2023. Bahan pokok yang dijual ludes diserbu warta dalam beberapa jam. 

''Saya berterima kasih kepada Kecamatan Tenayan Raya yang telah memfasilitasi pelaksanaan GPM di lokasi yang termasuk daerah rentan rawan pangan ini,'' kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disketapang Pekanbaru Mahyuddin, Jumat (20/10/2023).

Diharapkan, GPM ini terus bisa dilaksanakan di kecamatan ini. Supaya, kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi. 

''Saat ini, harga beras mengalami kenaikan. Dengan adanya GPM ini, saya harap bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan beras maupun komoditas pangan lainnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan di pasar,'' ucap Mahyuddin.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Ketahanan Pangan Disketapang Dinal Husna mengungkapkan, respon masyarakat Kelurahan Bencah Lesung luar biasa. Bahkan, warga membeludak belanja di pasar murah ini. 

"Artinya, pelaksanaan pasar murah ini berhasil menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Karena, banyak juga warga dari kelurahan lain datang berbelanja,'' ungkapnya. 

Karena banyaknya permintaan, Disketapang sampai meminta tambahan stok beras maupun beberapa komoditas lainnya seperti telur, bawang, dan gula. Awalnya, Disketapang hanya menyediakan 5 ton beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

"Jumlah tersebut ternyata tidak mencukupi. Sehingga, kami meminta penambahan beras SPHP ke Bulog satu ton lagi," ujar Dinal.