Pemko Pekanbaru Luncurkan Program UHC Awal Bulan Depan

Pemko Pekanbaru Luncurkan Program UHC Awal Bulan Depan

22 Juni 2023
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru akan meluncurkan program Universal Coverage Health (UHC) atau Capaian Semesta Kesehatan pada awal Juli 2023. Anggaran program UHC ini akan menggunakan APBD, bantuan Pemprov Riau, dan pihak ketiga.

"Saya sudah membuat pakta integritas bersama ketua DPRD terkait UHC. Kami akan melaksanakan program UHC ini sekitar awal Juli nanti," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun di Hotel Grand Central, Kamis (22/6/2023).

Program UHC ini akan menggunakan APBD dan bantuan dari Pemprov Riau. Salah satu rumah sakit juga berniat membantu program UHC ini.

"Saya juga berharap perusahaan swasta mengasuransikan karyawannya," harap Muflihun.

Sebelumnya, sebanyak 68.000 warga Pekanbaru belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan saat ini. Pemko berupaya 95 persen warga Pekanbaru bisa mendapat jaminan kesehatan pada pertengahan tahun ini.

"Mereka harus mendapat jaminan kesehatan agar Kota Pekanbaru bisa mencapai Universal Coverage Health (UHC) atau Capaian Semesta Kesehatan. Sehingga, target  UHC bisa tercapai pada pertengahan tahun ini," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (7/6/2023).

Pemko sedang berupaya untuk memenuhi kuota 95 persen warga menjadi peserta BPJS Kesehatan. Pemko berupaya menganggarkan anggaran untuk mendukung UHC pada APBD Perubahan 2023.

"Besaran anggaran untuk mendukung UHC ini mencapai Rp7,5 miliar," ungkap Indra Pomi.