Perusahaan Singapura Berupaya Yakinkan Pemko Pekanbaru Mampu Kelola Sampah

Perusahaan Singapura Berupaya Yakinkan Pemko Pekanbaru Mampu Kelola Sampah

8 Januari 2023
Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -PT Mars, perusahaan asal Singapura berupaya meyakinkan Pemko Pekanbaru dalam pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar, Kecamatan Rumbai Barat. Proposal kerja sama itu sedang dibahas tim yang terdiri dari beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

"Kemarin, ada PT Mars dari Singapura. Mereka ingin mengelola sampah di TPA Muara Fajar," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Minggu (8/1/2023).

Perusahaan ini bekerja sama dengan TOMRA (produsen mesin pemilah sampah). Negara-negara maju sudah menggunakan mesin pemilah sampah

"Jadi, PT Mars itu ekspos ke kami kemarin. Mereka difasilitasi utusan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) pusat," ungkap Indra Pomi. 

Dalam ekspos pada 5 Januari lalu, PT Mars memiliki mesin pengolahan sampah yang mampu memilah sampah sekitar 700 hingga 1.000 ton setiap hari. Hal ini sangat baik bagi Pekanbaru. 

"Terkait ekspos mereka, saya sudah memerintahkan beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membentuk tim kecil membahas ini. Tim ini diketuai oleh Asisten II Setdako," sebut Indra Pomi. 

Selain menuntaskan persoalan sampah, Pemko tentu ingin ada hasil. Makanya, Pemko segera mengambil sikap atas proposal yang diajukan PT Mars.