Proyek Overlay Jalan Dinas PUPR Tak Dianggarkan di APBD-P 2023

Proyek Overlay Jalan Dinas PUPR Tak Dianggarkan di APBD-P 2023

28 September 2023
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pekerjaan overlay (pengaspalan ulang) tidak lagi dianggarkan untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru dalam APBD Perubahan. Karena, anggaran overlay jalan sangat besar. 

"Satu kilometer jalan berbiaya sekitar Rp3 miliar. Namun, anggaran untuk operasional dan pemeliharaan tetap ada," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Kamis (28/9/2023). 

Karena, ada beberapa jalan yang harus ditambal sulam. Anggaran overlay terakhir hanya cukup sampai Jalan Dahlia. 

Sebelumnya, Dinas PUPR Pekanbaru berharap mendapat anggaran overlay di APBD Perubahan. Agar, perbaikan jalan bisa dilakukan hingga akhir tahun. 

"Saya belum bisa pastikan apakah bisa masuk di (APBD) perubahan atau murni (APBD 2024). Itu tergantung uang yang dimiliki pemko," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Rabu (13/9/2023). 

Diharapkan, ada dua hingga empat proyek overlay dianggarkan di APBD Perubahan. Perbaikan jalan dengan sistem overlay memang tengah menjadi prioritas pihaknya.

"Sekarang, kami fokuskan (overlay) di (APBD) perubahan. Supaya bisa nyata dahulu di (APBD) perubahan," ucap Edu, sapaan akrabnya.