Terlalu Jauh dari Permukiman, 3 SMP Negeri di Pekanbaru Tak Penuhi Kuota PPDB

Terlalu Jauh dari Permukiman, 3 SMP Negeri di Pekanbaru Tak Penuhi Kuota PPDB

15 September 2023
Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Tiga SMP negeri tenyata tak memenuhi kuota saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Tiga SMP ini berada di pinggir kota dan dinilai terlalu jauh. 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik)Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Jumat (15/9/2023), mengatakan, pihaknya mendata beberapa SMP negeri yang pendaftarnya membeludak. PPDB dengan pendaftar yang membeludak terjadi di SMP 4, SMP 13, dan SMP 1.

"Tiga SMP ini berada di tengah kota," ujarnya. 

Ada juga SMP negeri yang berada di kawasan permukiman padat penduduk yaitu SMP 42 dan SMP 26. Pendaftaran di dua SMP ini juga membeludak.

"Meski begitu, ada tiga sekolah yang daya tampungnya tidak terpenuhi," ungkap Jamal. 

SMP yang tidak mencapai kuota ini akan menjadi catatan Disdik untuk diperhatikan. Agar, kuota peserta didik baru bisa tercapai setiap tahunnya.

"Tiga sekolah yang telah memenuhi kuota PPDB antara lain, SMP 38 di Kelurahan Rejosari, SMP 28 di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, dan SMP 31 di Kelurahan Industri Tenayan. Saya rasa, tiga SMP ini tidak mencapai kuota ini karena berada di pinggiran kota dan dirasa terlalu jauh serta ada beberapa penyebab lainnya," duga Jamal.