Sabtu, 29 Januari 2022

PELALAWAN

Tiga Beruang Serang Rumah Warga Desa Bukit Kesuma Pelalawan

news24xx


Rumah yang diserang Rumah yang diserang

RIAU1.COM - Kemuculan beruang di pemukima mereka dilaporkan warga di Desa Bukit Kesuma, Pangkalan Kuras Pelalawan. Kemudian, Tim SKW I, BidWil I BBKSDA Riau, Rabu (3/11/2021) langsung turun ke lokasi.

Baca Juga: Domang, Nama Anak Gajah Sumatera di Ukui yang Diresmikan Khusus Menteri LHK



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

Dalam keterangan Plt Kepala BKSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, Kamis (4/11/2021) mengatakan, hasil pengecekan tim dilokasi disebutkan ada tiga beruang yang terlihat warga berkeliaran di sekitar pemukiman. Tiga beruang tersebut dua dewasa, dan satunya lagi merupakan anakan, yang muncul di titik koordinat -0.036462, 101.838329.

"Saat tim datang tim menemukan salah satu sarang beruang tersebut di atas pohon di belakang rumah warga," jelas Fifin.

Menurut hasil pengecekan tim, didapati adanya kerusakan dibagian dapur warga yang disebutkan muncul sekitar pukul 1.00 WIB.

"Kepada petugas kami warga melaporkan beruang berusaha membuka dinding dapurnya. Karena ada madu dan sarang lebah," ujar Fifin.

Menurut keterangan warga dan kepala Desa, sampai saat ini sudah ada dua warga yang melaporkan rumahnya hampir di masuki beruang.

"Selain [merusak] rumah, beruang juga membongkar kandang ayam milik warga," lanjut Fifin.

Setelah melakukan serangkaian pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket), masyarakat mengatakan, kemunculan beruang terpantau sudah berlangsung lebih kurang 1 Minggu belakangan.

"Selain mencari madu, beruang juga dilaporkan kurang lebih 1 minggu berkeliling pemukiman dan memakan ayam milik warga di dalam kandang," terang Fifin.

Baca Juga: Model Usaha Pelestarian Sumberdaya Alam Desa Kemang Pelalawan Dinilai Istimewa, Berikut Penjelasannya

Karena termasuk satwa yang dilindungi, Tim yang turun turut melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat agar tidak melakukan tindakan anarkis.*





loading...
Loading...