Rabu, 05 Oktober 2022

PELALAWAN

Diskominfo Pelalawan Perkuat Sistem Berbasis Teknologi

news24xx


Kadiskominfo Pelalawan, Hendry Gunawan Kadiskominfo Pelalawan, Hendry Gunawan

RIAU1.COM - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pelalawan Hendry Gunawan menjelaskan bahwa one big data akan mempermudah banyak layanan, karena tujuan pelayanan sebut Hendry untuk kesejahteraan masyarakat sesuai amanat yang sering disampaikan oleh Bupati H.Zukri.

Baca Juga: Seperti Ini Kronologi Harimau Sumatera Terkam Karyawan PT Peranap Timber Hingga Tewas

"Bertujuan  menghasilkan pemerintahan yang good government dalam satu database data yang menghimpun data seluruh masyarakat kita, sehingga akan mempermudah kita jemput bola pelayanan dan tahu apa yang kebutuhan daerah itu di dalam mengambil sebuah keputusan," kata Hendry belum lama ini.

Untuk one big data, sebut dia, sudah menghimpun seratus persen data kebutuhan sebagai dasar untuk membangun sistem, terdiri dari beberapa OPD terkait yakni Bappeda, Diskoperindag, Disdik,Dinas PUPR, Dinsos, DKPTPH, Disbunnak, Dinkes, RSUD, Diskan dan Kemenag. 

"Sementara untuk penyempurnaan di aplikasi masih dalam proses membangun elemen dasar data berkisar 40 persen dan masih dalam proses penyempurnaan.” ujar Hendry.

Selain membangun sistem dan aplikasi berbasis teknologi, Pemkab Pelalawan sambung dia juga mendapatkan 5 titik lokasi pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4 G, dan Infrastruktur pendukung lainnya oleh Kementerian Kominfo RI melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo. 

"Hal ini merupakan perwujudan dari BAKTI Kominfo untuk perluasan akses internet di daerah 3T, terdepan, terluar, tertinggal bagi percepatan transformasi digital di indonesia. Sesuai dengan Arahan Presiden RI yang mengamanatkan seluruh desa/kelurahan di indonesia  terjangkau layanan seluler dengan teknologi 4G/LTE," papar dia.

Tambah dia lagi, ada 5 lokasi pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4 G dan Infrastruktur pendukung lainnya, yakni Desa Teluk Bakau Kecamatan Kuala Kampar, Desa Teluk Beringin Kecamatan Kuala Kampar, Desa Sungai Upih Kecamatan Kuala Kampar, Desa Sungai Solok Kecamatan Kuala Kampar dan Desa Segamai Kecamatan Teluk Meranti akan dibangun tahun ini.

Baca Juga: Pencabutan HGU PT TUM Didukung LAMR Pelalawan

"Utuk mendukung kegiatan ini Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sedang berjalan, Surat Hibah Tanah dari masyarakat serta surat pernyataan dukungan pelaksanaan program penyediaan dan pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4 G dan ifrastruktur pendukung lainnya oleh Bupati H.Zukri sudah kita selesaikan dan tidak ada kendala dalam hal ini,"tukas Hendry.*





loading...
Loading...