TKPK Riau 2020 Fokus Sinkronisasi Data Warga Miskin

TKPK Riau 2020 Fokus Sinkronisasi Data Warga Miskin

15 Desember 2020
Saat rakor

Saat rakor

RIAU1.COM - Dalam rangka meningkatkan peran Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk penanggulangan kemiskinan di Riau, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution memaparkan beberapa agenda TKPK tahun 2020. 

Pertama, melakukan revisi SK TKPK Provinsi. Perubahan nomenklatur PD pada Tim Sekretariat, serta penyesuaian Permendagri momor 53 tahun 2020 (Keputusan Gubernur Riau nomor Kpts.1442/X/2020). 

Kedua, rapat kerja TKPK Provinsi yang langsung dipimpin oleh Wakil Gubernur Riau dan dilakukan pada hari Rabu, 21 Oktober 2020. 

"Hasil dari rapat tersebut diantaranya optimalisasi data sampai tingkat desa, koordinasi tugas masing-masing kelompok pengelola program untuk menyusun rencana kerja dan inspektorat agar dapat menjalankan fungsinya terhadap penyelenggaraan program penanggulangan kemiskinan di daerah," terang Wagubri dalam acara Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Riau Tahun 2020 di Ruang Rapat Bappedalitbang Provinsi Riau, Senin 14 Desember 2020.

Ketiga, penyusunan program kerja kelompok pengelola data. Dimana masing-masing kelompok pengelola program telah melaksanakan rapat penyusunan program kerja yang dipimpin langsung oleh asisten 1, 2 dan 3

"Hasil dari pertemuan tersebut adalah identifikasi masalah dan akar masalah serta rencana aksi pada organisasi stakeholder terkait," tambahnya. 

Keempat, revisi SK unsur SLRT Provinsi Riau. SK Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) Provinsi Riau kata Wagubri telah dilakukan harmonisasi dengan Sekretariat Koordinasi yang berada di Bappedalitbang dan Sekretariat Teknis ada di Dinas Sosial Provinsi Riau. 

Kelima, Rakor TKPK tingkat Provinsi Riau.  Menurutnya, Rakor TKPK merupakan wadah memberikan masukan terhadap isu penanggulangan kemiskinan untuk menjadi bahan penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) Provinsi Riau tahun 2021-2024. 

Terakhir, FGD penyusunan dokumen RKPD dan LP2KD. Dimana, FGD analisis data profil kemiskinan pada instansi terkait sebutnya, dilakukan pada akhir pekan tetakhir Desember 2020. 

"Semoga dapat memacu kinerja TKPK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Riau serta meningkatkan komitmen di daerah terhadap program-program penanggulangan kemiskinan," harapnya. 

"Mari bekerjasama sehingga setiap strategi, kebijakan dan program yang dijalankan senantiasa berdasarkan pada data yang akurat dan tepat sasaran," tuturnya.