Curah Hujan di Sumbar Meningkat, Seperti Ini Kondisi PLTA Koto Panjang Terbaru

Curah Hujan di Sumbar Meningkat, Seperti Ini Kondisi PLTA Koto Panjang Terbaru

30 Desember 2020
PLTA Koto Panjang

PLTA Koto Panjang

RIAU1.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger mengabarkan bahwa hingga kini kondisi debit air di waduk PLTA Koto Panjang, Kampar masih terpantau normal.

Sebab itu, potensi banjir seperti diperkirakan sebelumnya masih masih dalam situasi yang kondusif, meski warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai sejak awal telah diminta untuk selalu waspada. 

"Kami sampai saat ini masih terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bagaimana curah hujan di sana. Dengan begitu kami dapat gambaran apa yang perlu dipersiapkan di Riau," kata Edwar, Selasa, 29 Desember 2020.

Sambung dia, sejauh ini memang langkah koordinasi dengan beberapa pihak terkait yang perlu dilakukan secara intens, termasuk dengan pihak pengelola PLTA Koto Panjang, termasuk BPBD di setiap kabupaten/kota di Riau.

"Bencana ini termasuk dalam bencana tahunan yang terjadi di Riau. Polanya juga sama, jika curah hujan di Sumbar meningkat, maka beberapa daerah di Riau kemungkinan akan terendam banjir," sebutnya.