Meski Sudah Divaksin Seseorang Bisa Saja Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Kadiskes Riau

Meski Sudah Divaksin Seseorang Bisa Saja Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Kadiskes Riau

26 Januari 2021
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

RIAU1.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Riau, kembali mendistribusikan vaksin Covid-19. Nantinya, vaksin tersebut akan digunakan pada bulan Februari 2021, untuk vaksinasi tahap kedua kepada tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat, yang telah melakukan vaksinasi pada tahap pertama. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, untuk vaksinasi tahap kedua pihaknya mulai mendistribusikan ke tiga daerah yakni, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar.  

"Untuk penyuntikan tahap kedua hari ini vaksin mulai didistribusikan ke tiga kabupaten kota yang pertama dapat vaksin untuk memenuhi kebutuhannya. Karena kemarin baru tahap pertama, dan sekarang sudah dikirimkan untuk penyuntikan tahap keduanya," kata Mimi, Senin 25 Januari 2021.

"Karena peserta yang sudah vaksinasi pertama, harus vaksin dua kali. Karena vaksinnya ada dua dosis. Termasuk saya harus dua kali suntik. Kita targetkan pada Februari ini selesai," ujarnya.

Mimi juga menyebutkan, kondisi peserta yang sudah divaksin di tahap pertama, tidak ada masalah. Semua peserta yang divaksin kata dia tidak ada keluhan setelah divaksin. Dan jika ada peserta yang sudah disuntik vaksin bisa kena Covid-19, Mimi mengatakan bisa saja terjadi. Namun kondisinya tidak separah yang belum divaksin. 

"Semua yang telah divaksin Alhamdulillah, sehat-sehat saja. Dan tidak ada keluhan yang dikhawatirkan. Kalaupun ada yang kena atau terpapar covid, kondisi tidak separah orang yang tidak divaksinasi. Tiga kali lebih rendah dibanding orang yang tidak divaksinasi," ungkapnya.