Siaga Darurat Karhutla di Riau Berakhir, Kata Syamsuar Termasuk yang Paling Cepat

Siaga Darurat Karhutla di Riau Berakhir, Kata Syamsuar Termasuk yang Paling Cepat

30 Oktober 2021
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Status siaga darurat Karhutla di Provinsi Riau yang sudah ditetapkan sejak 15 Februari lalu, resmi diakhiri.

Adapun dasar diakhirinya status siaga darurat bencana Karhutla tersebut, kata Gubernur Riau, Syamsuar setelah melihat perkembangan kondisi cuaca di wilayah provinsi Riau. Dimana berdasarkan laporan BMKG wilayah provinsi Riau saat ini sudah memasuki musim hujan.

"Status siaga darurat Karhutla sudah diakhiri. Ini semua karena faktor cuaca, kalau prediksi pihak BMKG bulan depan masih musim kemarau, mungkin status siaga darurat Karhutla ini belum diakhiri," kata Gubri Syamsuar, Jumat (29/10/2021).

Penetapan status siaga Darurat Karhutla di Riau tahun ini, tambah dia, termasuk yang paling cepat. Karena sudah ditetapkan sejak awal Februari. 

"Setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo tentang upaya pencegahan Karhutla, setelah itu status siaga langsung ditetapkan," sebutnya.

Sementara itu, luas Karhutla di provinsi Riau pada tahun 2021 terpantau menurun dibandingkan tahun 2020 lalu. Dimana pada tahun 2020 lalu, luas Karhutla di Riau mencapai 1.600,41 ha, sedangkan tahun 2021 seluas 1.400,08 ha.*