Kata Kadiskes Mimi, Vaksin Setiap Minggu Dikirim ke Kabupaten Kota di Riau

Kata Kadiskes Mimi, Vaksin Setiap Minggu Dikirim ke Kabupaten Kota di Riau

31 Oktober 2021
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

RIAU1.COM - Kabupaten kota di Riau kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir harus bisa menghabiskan stok vaksin yang tersedia, agar pihaknya bisa menambah vaksin ke daerah.

Jika stok vaksin di Riau mulai menipis, sebut Mimi, Kementerian Kesehatan akan segera mengirim vaksin lagi, sampai target vaksinasi bagi masyarakat di Riau tercapai.

“Vaksin setiap minggu dikirim ke daerah (kabupaten kota) dan sudah rutin, jangan sampai tidak ada vaksin. Vaksin datang bertahap disesuaikan dan harus dihabiskan. Kalau misalnya vaksin sudah habis ketersediaan menipis akan dikirim lagi. Stok kita masih ada, jadi habiskan dulu yang ada di daerah,” tutur Mimi. 

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar, meminta kepada seluruh kabupaten dan kota untuk menghabiskan stok vaksin, yang masih tersedia. Karena hingga saat ini progres vaksinasi bagi masyarakat di 10 Kabupaten, masih di bawah 40 persen. 

“Masih banyak Kabupaten Kota yang belum menyelesaikan vaksinasi bagi masyarakat. Sementara, vaksin yang dikirimkan ke daerah terus berjalan. Untuk itulah daerah segera menghabiskan vaksin yang ada, rata-rata di bawah 40 persen,” ujarnya.

Dijelaskan Gubernur Riau, hanya Kota Pekanbaru yang capaian vaksinasinya 73 persen. Namun, untuk lansia masih 40 persen. 

"Dumai juga cukup tinggi, yakni hampir 70 persen," sebut dia.*