Desa Mandiri Terbanyak di Riau Ada di Kabupaten Siak

Desa Mandiri Terbanyak di Riau Ada di Kabupaten Siak

3 Juli 2023
Gubri Syamsuar saat kunker ke Siak

Gubri Syamsuar saat kunker ke Siak

RIAU1.COM - Pencapaian Provinsi Riau dalam membangun desa tidak bisa dilepaskan dari koordinasi dan komitmen bersama dalam percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat antara Gubernur Riau dan seluruh Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau untuk menuntaskan Desa Sangat Tertinggal dan Desa Tertinggal di Riau.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh Bupati, Camat dan Kelapa Desa yang telah bersama-sama dalam mendorong kemajuan dan kemandirian desa di Riau, sehingga status IDM Riau meningkat dari Berkembang menjadi Mandiri dan naik menjadi posisi ke-6 nasional. Perlu kita berikan apresiasi kepada seluruh kabupaten yang telah bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam pembangunan desa terutama memberikan motivasi dan pembinaan kepada desa-desa untuk terus mendorong kemajuan dan kemandirian desa di Riau”, ujar Gubernur Syamsuar belum lama ini. 

Komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam percepatan pembangunan desa ini, sebut dia, diikuti dengan langkah-langkah teknis dengan memberikan pelatihan pemutakhiran data IDM bersama Pendamping Lokal Desa (PLD) se Provinsi Riau dan juga seluruh Sekretaris Desa se Provinsi Riau. 

“Pada kesempatan ini kami berikan apresiasi dan terima kasih kepada Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kementerian Desa PDT RI pada semua tingkatan, khususnya PLD dan juga kepada seluruh Sekretaris Desa dan Kepala Desa yang telah bahu membahu dalam melakukan pemutakhiran data IDM di Provinsi Riau”, sebut dia.

Untuk diketahui, pada tahun 2023, Kabupaten Siak merupakan kabupaten dengan proporsi desa Mandiri terbanyak yaitu 109 desa, diikuti oleh Indragiri Hulu sebanyak 103 desa, Bengkalis sebanyak 96 desa, Kampar 88 Desa, Kuantan Singingi sebanyak 66 desa, Pelalawan sebanyak 62 desa, Rokan Hulu sebanyak 33 desa, Indragiri Hilir sebanyak 17 desa, Rokan Hilir sebanyak 10 desa dan Kepulauan Meranti sebanyak 8 desa.*