Disnakertrans Riau: Peserta Magang di Jepang Ditempatkan Selama 3 Tahun

Disnakertrans Riau: Peserta Magang di Jepang Ditempatkan Selama 3 Tahun

31 Juli 2023
Putra-putri Riau Peserta Seleksi Magang ke Jepang

Putra-putri Riau Peserta Seleksi Magang ke Jepang

RIAU1.COM - Seleksi terhadap 110 peserta program pemagangan ke Jepang tahun 2023 masih dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau selama tiga hari mulai Senin 31 Juli hingga 2 Agustus 2023. 

Setelah seleksi ini, para peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti pembekalan bahasa Jepang di Bekasi, Jawa Barat. 

Berdasarkan keterangan Kepala Disnakertrans Riau Dr Imron Rosyadi, setelah mendapatkan pembekalan bahasa Jepang selama dua bulan, selanjutnya peserta akan kembali mendapatkan pemantapan bahasa langsung di Jepang selama satu bulan sebelum ditempatkan di perusahaan lokasi magang. 

"Selama proses pembekalan bahasa Jepang tersebut, semua biaya sudah ditanggung oleh pihak International Manpower (IM) Japan. Hingga nantinya pemberangkatan ke Jepang," katanya. 

Dijelaskan Imron, setelah proses pembekalan bahasa Jepang selesai, maka para pemuda yang lulus seleksi tersebut akan melakukan proses magang di perusahaan selama tiga tahun. 

"Proses pemagangan selama tiga tahun, setelah selesai tiga tahun, kegiatan pemagangan bisa diperpanjang jika kinerjanya bagus," ujarnya. 

Namun demikian, ada juga peserta magang yang sudah selesai tiga tahun namun kembali ke Indonesia. Bukan karena kinerjanya tidak bagus, melainkan karena ia sudah memiliki modal untuk membuka usaha di Indonesia. 

"Ada juga yang sudah selesai tiga tahun, tidak mau di perpanjangan, ia ingin kembali ke Indonesia untuk membuka usaha karena sudah memiliki cukup ilmu dan modal," sebutnya.*