Dumai dan Bengkalis Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Dumai dan Bengkalis Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

12 Maret 2024
Ilustrasi/Kompas.com

Ilustrasi/Kompas.com

RIAU1.COM - Dua daerah di Riau sudah menetapkan status siaga darurat Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Dua daerah tersebut yakni Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

Sebab itu, kata Kepala pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal, dengan sudah ada dua daerah yang menetapkan status siaga tersebut. Maka syarat untuk penetapan siaga darurat Karhutla tingkat provinsi sudah terpenuhi.

“Sudah dua daerah menetapkan siaga darurat Karhutla, yakni Dumai dan Bengkalis. Karena itu kami bersama unsur terkait sudah membahas untuk penetapan status siaga darurat Karhutla tingkat provinsi,” katanya.

Pekan ini juga, tambah dia, pihaknya akan mengusulkan untuk penetapan status siaga darurat Karhutla kepada Pj Gubernur Riau. Setelah nantinya ada pengusulan tersebut, selanjutnya tinggal ditetapkan status siaga darurat Karhutlanya.

“Rabu besok hari pertama masuk kerja akan kami usulkan penetapan statusnya kepada Pj Gubernur. Baru setelah itu akan ditetapkan oleh Pj Gubernur bersama Forkopimda Riau,” sebutnya.

Dijelaskan Edy, penetapan status siaga darurat Karhutla tersebut sebagai bentuk antisipasi. Pasalnya saat ini di daerah pesisir Riau curah hujan sudah mulai berkurang, sehingga langkah antisipasi penting dilakukan.

“Daerah pesisir Riau curah hujan sudah berkurang, meskipun di daerah daratan masih ada hujan. Namun langkah antisipasi penting dilakukan,” ujarnya.*