Gubri Syamsuar Tak Ingin Lagi Ada Bencana Asap Karena Karhuta

Gubri Syamsuar Tak Ingin Lagi Ada Bencana Asap Karena Karhuta

4 Mei 2023
Gubri Syamsuar dalam arahannya

Gubri Syamsuar dalam arahannya

RIAU1.COM - Masyarakat menurut Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar perlu diberikan penyuluhan secara masif agar tidak membakar pada musim kemarau kering. 

Sebab sebelumnya pemerintah pusat telah memberikan arahan untuk berjaga-jaga supaya tidak terjadi bencana asap yang berdampak buruk bagi kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lain-lain.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa saat ini semua pihak baik TNI Polri dan pemerintah daerah terus bersinergi memadamkan api yang saat ini terjadi dibeberapa daerah. 

Dengan sosialisasi tersebut tentu akan meningkatkan kesadaran masyarakat Riau untuk tidak membakar pada saat musim kemarau kering sehingga tidak terjadi bencana asap. 

"Kita (Pemerintah dan TNI-Polri) telah dan terus melakukan penyuluhan serta bekerja keras dalam rangka memadamkan api yang telah terjadi di beberapa daerah pada saat ini," kata Syamsuar di Mapolda Riau, Kamis (4/5/2023) pagi. 

"Mari kita pertahankan agar tahun ini juga bisa mengendalikan agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan seperti tahun lalu yang mengakibatkan bencana asap yang tidak diharapkan," imbuhnya. 

Pemerintah Provinsi Riau juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam mengatasi dampak dari musim kemarau. Masyarakat dapat membantu dengan cara tidak membuat api liar dan melaporkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi secepat mungkin.

"Semoga dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, TNI Polri dan masyarakat ini bahaya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau dapat teratasi sehingga tetap aman dan dari bencana," sebut dia.*