Guru Madrasah Riau Dipercaya Ikut Tim AKMI Kemenag RI

Guru Madrasah Riau Dipercaya Ikut Tim AKMI Kemenag RI

6 Mei 2024
Guru Madrasah asal Riau yang tergabung dalam AKMI Kemenag RI

Guru Madrasah asal Riau yang tergabung dalam AKMI Kemenag RI

RIAU1.COM - Sebanyak 5 guru Madrasah di Provinsi Riau bergabung dalam Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Kementerian Agama Tahun 2024.

"AKMI merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat," kata oordinator AKMI Riau, Budianto.

Sambung dia mengatakan, asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.

“Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran,"ujarnya.

Budianto juga mengatakan guru Madrasah di Riau yang tergabung kedalam AKMI terbagi dalam dua fungsi dan tugas, yakni sebagai reviewer dan penulis soal.

“Ada lima guru kita yang bergabung dalam AKMI Kemenag tahun ini. mereka ada yang sebagai reviewer soal dan ada juga yang sebagai penulis soal dengan berbagai bidang. Ada untuk soal literasi sosial budaya tingkat MA, soal literasi numerasi tingkat MA dan soal literasi membaca tingkat MI,"papar dia lagi.

Itu semua, sebut dia, bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

"AKMI memiliki fungsi mendiagnosis kompetensi peserta didik dan tindak lanjut perbaikan pembelajaran, dan Sebagai bahan pemetaan mutu pendidikan madrasah, serta sebagai Bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah," ujarnya.

"Sasaran AKMI adalah peserta didik kelas V MI, VIII MTs, dan XI MA/MAK dengan ketentuan Madrasah tersebut telah memiliki ijin operasional, madrasah baik Negeri dan Swasta terdaftar dalam pangkalan data EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid,"ujarnya.

Adapun Guru madrasah Provinsi Riau yang terlibat dalam AKMI Kemenag RI Tahun 2024 diantaranya: Budianto, S.Sos, MM dari MAN IC Siak sebagai Reviewer Soal AKMI Literasi Sosial Budaya tingkat MA, Zona Saputri, S Pd dari MAN 1 Siak sebagai Penulis Soal AKMI Literasi Numerasi tingkat MA, Riski Mardhatilah, M Pd dari MIN 3 Pekanbaru sebagai penulis soal AKMI Literasi Membaca tingkat MI, Muhammad Azhar, S Sos dari MAN 1 Indragiri Hilir sebagai Penulis Soal AKMI Literasi Sosial Budaya tingkat MA, dan Hermandas, S PdI, Gr dari MAN 1 Indragiri Hilir sebagai Penulis Soal AKMI Literasi Sosial Budaya tingkat MA.