Inhu dan Kuansing Dini Hari Nanti Berpotensi Hujan

Inhu dan Kuansing Dini Hari Nanti Berpotensi Hujan

20 April 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Rilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Sabtu (20/4) disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi di wilayah Riau.

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Bella RA. 

Dijelaskan dia, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan,Kampar, Kuantan Singingi,  Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Siak, dan Indragiri Hilir.

"Siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau," katanya.

Kemudian, pada malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau. Antara lain Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, dan Kuantan Singingi.

Sementara, pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri
Hulu. 

Lebih lanjut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Dikatakan, potensi tersebut bdapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Bengkalis, Kuantan Singingi, Kampar. Kemudian, di Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Meranti, Rokan Hulu, Siak, Rokan Hilir, dan Kota Pekanbaru pada pagi, siang, atau sore hari. 

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 31.0 °C dengan kelembapan Udara 60 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut – Timur Laut  dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 –0.50m (Rendah)," tandasnya.*