Karhutla di Pelintung Dumai Berhasil Dipadamkan

Karhutla di Pelintung Dumai Berhasil Dipadamkan

16 Mei 2023
Pemadaman kebakaran lahan di Dumai

Pemadaman kebakaran lahan di Dumai

RIAU1.COM - Akhirnya petugas gabungan berhasil memadamkan kebakaran lahan yang sebelumnya ditemukan di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Dumai.

Di wilayah ini sempat dua kali terjadi Karhuta. Namun informasi terbaru, petugas sudah behasil memadamkan api di wilayah yang sempat di kunjungi oleh Gubernur Riau Syamsuar tersebut.

"Yang di Pelintung sudah padam," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan, BPBD Riau, Jim Ghofur, Senin (15/5/2023).

Meski sudah dinyatakan padam, namun petugas tetap diminta untuk melakukan patroli di wilayah tersebut. Sebab lokasi Karhutla di Keluraha Pelintung ini kondisinya adalah lahan gambut. Sebab dikhawatirkan hanya bagian atas saja apinya yang padam, namun dibagian dalam tanah bisa saja masih ada bara api yang sewaktu-waktu bisa muncul dan membesar kembali.

"Petugas tetap melakukan patroli dan pengwasan, supaya kalau ada muncul api lagi bisa segera dilakukan pemadaman," ujarnya.

Jim mengungkapkan, saat ini masih ada Karhutla di Dumai. Setelah di Pelintung, kini api membakar lahan di wilayah batu teritip sungai sembilan Dumai. Api di wilayah ini baru muncul dan diketahui oleh petugas saat melakukan patroli. 

"Tadi hasil patroli petugas ada api yang baru muncul di wilayah Batu Teritip, Sungai Sembilan Dumai. Sekarang petugas sedang melakukan pengecekan ke lokasi," ujarnya.*