Masih Ditemukan Titik Panas di Wilayah Riau

Masih Ditemukan Titik Panas di Wilayah Riau

24 Juni 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Prakiraan cuaca dan status hotspot di Provinsi Riau, Sabtu, 24 Juni 2023 dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu menjelaskan bahwa pagi hari ini, cuaca cerah berawan hingga berawan serta terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Siak.

"Sedangkan untuk siang harinya cuaca cerah berawan hingga berawan tanpa potensi hujan," jelas Moh Ibnu.

Untuk sore hingga malam hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Dumai, dan Pekanbaru.

Dini hari diprakirakan cuaca cerah hingga cerah berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bengkalis, Rokan Hilir, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Dumai.

"Masyarakat diimbau untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Meranti, Dumai, dan Pekanbaru pada sore, malam, dan dini hari," jelasnya.

Selanjutnya, untuk rentang suhu udara diantara 22,0 - 34,0 °C, kelembapan udara 50 - 98%, arah angin Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 9 - 27 km per jam.

"Untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0,50 - 1,25 meter atau rendah," jelasnya.

Untuk total hotspot atau titik panas di Sumatera sebanyak 46 titik. Yaitu terdiri dari Aceh 1, Jambi 8, Lampung dan Sumatera Selatan masing-masing 5, Bangka Belitung 24 . Riau 3 titik, yakni Kabupaten Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu masing-masing 1 titik.*