Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Bapenda Riau Siapkan Aturan Baru

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Bapenda Riau Siapkan Aturan Baru

2 Februari 2024
Fasilitas Samsat Drive Thru di Pekanbaru

Fasilitas Samsat Drive Thru di Pekanbaru

RIAU1.COM - Tahun 2024 ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau mengaku akan terus berinovasi untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Berdasarkan keterangan Kabid Pajak Daerah Bapenda Riau, Muhammad Sayoga, Kamis (1/2/2024) mengatakan, saat ini sektor kendaraan bermotor masih menjadi andalan untuk penerimaan daerah dari sektor pajak daerah. 

Untuk meningkatkan animo masyarakat untuk lebih taat dalam membayar pajak, mulai tahun 2024 ini, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau akan menerapkan aturan baru. 

Salah satu peraturannya seperti, untuk kendaraan bermotor keluaran tahun 2020 ke bawah, akan diterapkan penyusutan nilai kendaraan bermotor. Sehingga nantinya, pajak untuk kendaraan bermotor itu akan terus mengalami pengurangan

"Untuk penerapannya, kita masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Dalam Negeri," terangnya.

Dikatakan, penerapan sistem baru dilakukan setelah pihaknya melakukan studi banding ke sejumlah daerah yang telah terlebih dahulu menetapkan sistem ini. Dari pengamatan pihaknya, sistem baru ini membuat animo masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraan bermotor mereka jadi lebih meningkat. 

"Harapan kita, masyarakat Riau juga akan semakin meningkat animonya untuk membayar pajak kendaraan bermotor mereka," tutur dia.

Secara umum, tambah Yoga, hingga saat ini pendapatan pajak daerah masih mengandalkan dari sektor kendaraan bermotor. Seperti pajak tahunan, bea balik nama, hingga pajak bahan bakar kendaraan bermotor. 

Sektor lain yang juga mendukung pendapatan daerah dari sektor pajak adalah pajak rokok, pajak air permukaan yang biasanya digunakan industri dan pajak alat berat. 

Tidak hanya itu, pada tahun ini sambung dia, Bapenda Riau, sambung dia, juga berencana menambah satu unit drive thru untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Sehingga pada tahun ini total ada enam unit drive thru yang tersebar di beberapa daerah. Yakni Pekanbaru sebanyak dua unit, ditambah satu unit di Ujung Tanjung Rokan Hilir, Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Pangkalan Kerinci di Kabupaten Pelalawan. 

"Sedangkan untuk unit baru akan kita bangun di Kantor Samsat Kota Dumai," tukasnya.*