Riau Jadi Tuan Rumah Perdana Pameran SIEXPO

Riau Jadi Tuan Rumah Perdana Pameran SIEXPO

8 Agustus 2023
CEO Sawit Indonesia, Qayuum Amri

CEO Sawit Indonesia, Qayuum Amri

RIAU1.COM - Sawit indonesia menggelar pameran perdana selama dua hari (8-9 Agustus 2023) di Kota Pekanbaru Riau, yakni Sawit Indonesia EXPO (SIEXPO) dan Promosi Sawit Baik Riau. 

Sebanyak 114 boot telah tersedia dalam pergelaran tersebut, yang diisi oleh 72 perusahaan (dari Riau dan Luar Riau), UMKM, asosiasi, perguruan tinggi, hingga pondok pesantren yang menampilkan berbagai macam produk dan teknologi yang mendukung industri sawit. 

CEO Sawit Indonesia, Qayuum Amri menjelaskan bahwa SIEXPO dan Promosi Sawit Baik Riau digelar perdana tahun ini dan sekaligus bertepatan dengan HUT ke-78 Republik Indonesia dan HUT ke-66 Provinsi Riau. Sebab itulah Qayuum mengatakan alasan Riau menjadi tuan rumah kegiatan tahun pertamanya ini, serta Riau juga memiliki lahan sawit terluas di Indonesia. 

Tidak hanya itu, Qayuum mengatakan bahwa memiliki alasan lainnya kenapa Riau dipilih untuk menjadi tuan rumah pada pameran SIEXPO perdana ini, alasannya pertama, Riau menjadi baro meter industri kelapa sawit. 

"Apalagi produksi sawit Riau ini sudah sangat besar,  hampir mencapai 10 juta ton dengan luas perkebunan 3,8 juta hektar," kata Qayuum di Hotel Co-Ex Pekanbaru, Selasa (8/8/2023). 

Kedua, Riau memiliki kawasan industri yang lengkap, tepatnya berada di Kota Dumai. Bahkan, Qayuum menyebut bahwa pelabuhan ekspor juga ada di Negeri Melayu, yakni di Kota Dumai.  

Pada EXPO kali ini, Qayuum mengatakan bahwa Sawit Indonesia telah menyediakan 114 booth, dan telah terisi oleh 72 peserta pameran dari berbagai provinsi. Konsep pameran akan berlangsung indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan). 

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan menjadi agenda tahunan dimasa yang akan datang," harap Qayuum Amri.*