Wakili Riau, Melisa Rizka Juara Puteri Literasi Indonesia 2024

Wakili Riau, Melisa Rizka Juara Puteri Literasi Indonesia 2024

6 Februari 2024
Melisa Rizka

Melisa Rizka

RIAU1.COMMelisa Rizka, Mahasiswa Universitas Lancang Kuning (Unilak) berhasil meraih juara 2 Grand Final Puteri Literasi Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2024. 

Melisa merupakan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unilak yang telah mengikuti berbagai Kompetisi Akademik maupun Non Akademik selama menjadi mahasiswa.

Pada semeter 4, Melisa Riza mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kemendikbud RI di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Setelah selesai mengikuti PMM Kemendikbud RI, ia aktif sebagai Putri Literasi dalam kompetisi tingkat Daerah di Pekanbaru dan Provinsi Riau.

Melisa aktif pada semua ajang kompetisi Puteri Literasi hingga kompetisi tingkat nasional. Menurutnya, memadukan prestasi akademik dan non akademik adalah suatu linieritas yang harus diperjuangkan sebagai mahasiswa.

"Prestasi yang diperoleh adalah sebuah perjuangan panjang dan konsistensi dalam raihan prestasi," ujar Melisa, Selasa (6/2). 

Dijelaskan dia, kesempatannya mewakili Riau di kancah nasional, setelah sebelumnya ia menjadi juara di tingkat Provinsi di tahun 2023. Satu di antara kegiatan yang dilakukannya adalah berkontribusi langsung melakukan penguatan literasi digital bagi masyarakat.

Kemudian, di tingkat nasional ada tahapan pra karantina. Di ajang ini bukan soal cantik, namun juga etika, adab, sopan santun, dan kepintaran. Kemudian, ada sesi debat dan presentasi program kerja selama jadi pemenang  2023.

"Alhamdulillah di Grand Final juara 2 tingkat nasional, ada puluhan provinsi di Indonesia yang ikut mengirimkan mahasiswa di tingkat nasional ini. Terima kasih untuk pimpinan Unilak, fakultas dan seluruh teman teman," ujar Melisa.*