Masyarakat Rohil Diajak Bupati Afrizal Sintong Tangkap Peluang Kemajuan Teknologi

Masyarakat Rohil Diajak Bupati Afrizal Sintong Tangkap Peluang Kemajuan Teknologi

20 Mei 2024
Apel peringatan Harkitnas di Rokan Hilir

Apel peringatan Harkitnas di Rokan Hilir

RIAU1.COM - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 116 didepan kantor BPKAD jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Senin (20/5/2024) mengatakan, dalam fase kebangkitan kedua, Indonesia memasuki zaman baru yakni kemajuan tekhnologi digital. Penguasaan tekhnologi ini merupakan keniscayaan bagi rakyat Indonesia untuk menyongsong Indonesia Emas.

"Semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru," kata Afrizal Sintong.

Bupati menyebutkan bahwa bangsa yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Menurutnya, bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

"Sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030," papar Bupati menyampaikan amanat naskah pidato dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hari ini, kita, sebut dia, berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

"Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas ," ajaknya.*