Aplikasi Puja Indah Diperkenalkan Kemendagri di Pemkab Rohul

Aplikasi Puja Indah Diperkenalkan Kemendagri di Pemkab Rohul

3 November 2022
Saat sosialisasi Aplikasi Puja Indah

Saat sosialisasi Aplikasi Puja Indah

RIAU1.COM - Sebagai upaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik melalui penerapan inovasi daerah, Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Rokan Hulu(Rohul) siap menjadi salah satu daerah pemanfaatan Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) dan pengembangan inovasi daerah.

Sebab itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rokan Hulu (Rohul) adakan sosialisasi Puja Indah, Rabu(2/11/2022).

Aplikasi Puja Indah sebagai sistem layanan yang dapat digunakan secara terintegritas, sebagai database layanan sehingga dapat menjadi poros pembinaan dan monitoring inovasi di pemda.

"Percepatan implementasi PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang inovasi daerah, peningkatan daya saing daerah dalam berkompetisi di era global dan revolusi industri," sebut Arie.

Lebih lanjut di sampaikan Arie, Aplikasi Puja Indah juga untuk memperbaiki kualitas layanan publik dan tata kelola pemerintah, sehingga mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah.

Sementara itu narasumber pada sosialisasi tersebut, Nuril Fikri Aulia dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjelaskan bahwa sosialisasi pusat jejaring inovasi daerah atau disebut dengan Puja Indah secara makro adalah satu platform aplikasi yang disediakan dari Kemendagri untuk menghimpun semua inovasi yang ada di daerah di Indonesia, dan untuk Rokan Hulu ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Pemkab dengan Puslitbang inovasi daerah.

"Karena sudah ada MoU, kita juga bisa mengadopsi bisa mengadaptasi bisa mereplikasi terhadap inovasi-inovasi yang ada di outlet from Puja Indah tersebut, sehingga mana yang cocok bisa kita gunakan, mana yang bisa kita adopsi secara keseluruhan, bisa adaptasi sebagian, ataupun replikasui," papar dia.*