Masjid Al Ikhlas Rokan Hulu Jadi Lokasi GSSB Riau ke-106

Masjid Al Ikhlas Rokan Hulu Jadi Lokasi GSSB Riau ke-106

19 Februari 2023
GSSB di Masjid Al Ikhlas Rokan Hulu

GSSB di Masjid Al Ikhlas Rokan Hulu

RIAU1.COM - Gerakan Sholat Subuh Berjamaah (GSSB) Provinsi Riau yang ke 106 bertempat di Masjid AL-Ikhlas Lubuk Bendahara Timur, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Ahad (19/02/2023).

Mengawali tausiyah, Wagubri Edy Natar mengatakan bahwa Pemprov Riau terus mengupayakan berbagai macam langkah untuk masyarakat agar meramaikan masjid.

Dirinya menambahkan, bahwa tujuan dari gerakan ini adalah menyampaikan dakwah agar masyarakat terbiasa beribadah di masjid. Sebab menurutnya, ketika orang memahami perasaan cinta kepada Allah SWT, disitulah bentuk kesetiaan umat. 

“Saya sering katakan, ibadah shalat apalagi berjamaah. Terlebih itu shalat subuh merupakan kesetian seorang mahluk dalam mengimplementasi cinta kepada Allah SWT. Maka, tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkannya,” katanya.

Dia menjelaskan, bahwa gerakan salat subuh berjamaah tersebut merupakan program yang sudah ada dari dulu. Di mana pada saat itu di resmikan secara langsung oleh Gubernur Riau dan jajaran Forkopimda.

Namun, adanya Pandemi COVID-19, kegiatan tersebut dihentikan sementara. Karena waktu itu masyarakat harus bisa memahami kondisi yang ada dan muncul anjuran dari Pemerintah untuk menjaga kesehatan.

“Gerakan sholat subuh ini sudah ada sejak lama. Tetapi karena ada pandemi covid makanya kegiatan itu berhenti, makanya sekarang ini kami menggerakkan kembali. Alhamdulillah saat ini sudah berjalan ke-106 kali,” jelasnya.

Diungkapkan, setiap orang harus mampu bersyukur atas berkat yang telah mereka terima. Seperti cara untuk menunjukkan rasa syukur adalah dengan melakukan salat berjamaah 

Loading...

Karena menurutnya, dengan melakukan salat berjamaah manusia akan termasuk dari bagian orang-orang yang terpilih dari Allah SWT. 

“Kita yang ada di sini melakukan sholat subuh berjamaah tandanya termasuk bagian orang-orang yang terpilih dari Allah SWT. Itu sebabnya kita harus bersyukur, karena alangkah sayangnya kita tidak memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Ia menerangkan, sebagaimana yang dimaksud orang-orang terpilih karena telah diberikan kesehatan dan kekuatan untuk melaksanakan salat subuh berjamaah. 

Maka dari pada itu, para jamaah yang mampu datang ke masjid merupakan umat sangat beruntung mempunyai kesehatan bisa hadir dalam kesempatan ini walaupun tadi sempat dilanda hujan.

“Tidak semua orang diberikan kesempatan oleh Allah bisa hadir bersama kita saat ini, mungkin saja dia telah mendahului kita. Tidak semua orang juga diberikan kekuatan dapat melaksanakan kegiatan ini. Dan tidak semua diberikan kesehatan untuk sampai ditempat yang muliakan ini,” terangnya.