OPD di Rohul Didorong Ciptakan Minimal Satu Inovasi Setiap Tahun

OPD di Rohul Didorong Ciptakan Minimal Satu Inovasi Setiap Tahun

28 November 2023
Bupati Rohul Sukiman dalam arahannya

Bupati Rohul Sukiman dalam arahannya

RIAU1.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar penganugrahan Inovative Award tahun 2023, Senin (27/11/2023).

Pada kesempatan tersebut, Bupati H. Sukiman mengatakan, kemajuan suatu daerah salah satunya juga ditentukan oleh inovasi yang dilakukan oleh daerah tersebut, untuk itu diperlukan adanya upaya di dalam memacu kreativitas daerah demi meningkatkan daya saing dalam mencapai tujuan.

"Sasaran inovasi diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah," kata Sukiman.

"Dalam hal ini kami sangat mengapresiasi dan bergembira atas terselenggaranya lomba inovasi daerah tingkat kabupaten Rokan Hulu tahun 2023," tambah dia.

Sukiman juga menjelaskan, inovasi merupakan kunci transformasi, inovasi adalah energi untuk menciptakan perubahan, inovasi adalah solusi untuk mengatasi permasalahan dan inovasi adalah modal untuk memenangkan persaingan,Inovasi tidak muncul begitu saja tetapi membutuhkan ekosistem yang kondusif.

"Perubahan inovasi tingkat kabupaten Rokan Hulu tahun 2023 ini adalah salah satu upaya kita untuk menciptakan ekosistem inovasi. Hari ini kita tidak hanya sekedar berkumpul untuk menyaksikan penghargaan ini, tetapi kita juga merayakan semangat inovasi dan dedikasi bagi yang telah berkontribusi secara luar biasa dalam menciptakan perubahan positif di berbagai sektor kehidupan di dalam lingkungan masyarakat," papar dia.

Lebih lanjut Sukiman menerangkan Penghargaan inovasi Award yang telah di laksanakan saat ini adalah bentuk apresiasi pada mereka yang telah berani melangkah Di luar batas, menciptakan ide-ide kreatif dan mengimplementasikannya dengan sukses.

"Kami ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta menerima penghargaan inovasi Award ini" tambahnya.

Kemudian, Sukiman menerangkan bahwa Seluruh peserta lomba telah menunjukkan dedikasi kecerdasan dan semangat untuk menciptakan perubahan yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

"Kami harap agar setiap perangkat daerah dapat menciptakan minimal 1 inovasi setiap tahunnya, dengan harapan kebiasaan ini dapat terlaksana dengan baik" pungkasnya mengakhiri.

Berikut Pemenang Lomba Inovative Award Tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023.

- Kategori Perangkat Daerah

Peringkat 1 : Dinas kependudukan dan pencatatan sipil ke bawah terokan hulu dengan inovasi pelayanan cetak dokumen langsung di desa (pecel desa)

Peringkat 2 : Badan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Rokan Hulu dengan inovasi E-bangkit

Peringkat 3 : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hulu dengan Inovasi Sistem Informasi Pelayanan Tera Tera Ulang (SIMPERANG)

- Kategori Kecamatan

Peringkat 1 : Kecamatan Kepenuhan dengan inovasi Lahir langsung Dapat Akta (LALADAKTA)

Peringkat 2 : Kecamatan Tambusai Utara dengan Inovasi Pelayanan Tanpa Batas

Peringkat 3 : Kecamatan Rambah Samo dengan Pelayanan Malam (PELAM)

-Kategori Puskesmas

Peringkat 1 : Rokan IV Koto dengan POSKESDES terpadu desa Lubuk Bendahara Timur

Peringkat 2 : Ujung Batu dengan Inovasi Masyarakat Sadar Skrining PTM (MASAK PTM)

Peringkat 3 : Tambusai Utara 1 dengan Penemuan terduga Kasus Tuberculosis lewat Online Aktif (PEKA TERLENA).*