Rabu, 05 Oktober 2022

SIAK

Kualitas Pendidikan Siak Diapresiasi Kementerian Pendidikan

news24xx


Pertemuan Wabup Husni Merza bersama Staff Ahli Mendikbud Pertemuan Wabup Husni Merza bersama Staff Ahli Mendikbud

RIAU1.COM - Staff Ahli Kementerian Pendidikan yang juga Konsultan Pembelajaran Ditjen GTK Kemendikbud Ristek RI, Weilin Han mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Siak yang turut membantu meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia, termasuk penerapan Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Ada Harapan Kerja Sama dari Bupati Alfedri pada PD KBB Siak

”Kami apresiasi Pemkab Siak, turut membantu dalam penerapan Kurikulum Merdeka, Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Di  Provinsi Riau, kabupaten Siak telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Untuk Riau Loginnya tertinggi di Indonesia”, ujar Weilin, saat audiensi bersama pimpinan Kemendikbud Ristek Republik Indonesia dan Balai Guru Penggerak (BGP) terkait pelaksanaan Kurikulum Merdeka, di Ruang Rapat Pucuk Rebung, Kantor Bupati Siak belum lama ini.

Untuk melihat secara langsung, praktek baik yang telah dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, ia dan rombongan akan menemui guru di sekolah, melihat secara langsung penerapan Kurikulum Merdeka.

"Saya yakin Kabupaten Siak sendiri memiliki peran yang besar dalam pencapaian Provinsi Riau, dalam angka login PMM tertinggi di Indonesia"ucapnya. 

Sementara itu, UPT Balai Guru Penggerak Provinsi Riau, Reisky Bestary mengatakan kehadirannya ke Kabupaten Siak untuk melakukan audiensi terkait penerapan Kurikulum Merdeka, yang dijalankan secara mandiri oleh satuan pendidikan di Kabupaten Siak. 

"Untuk Kabupaten Siak, ada 3 pilihan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, yakni, Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi. Sesuai dengan kebutuhan, di Kabupaten Siak banyak yang memilih Mandiri Berubah", jelas Reisky. 

Dari data yang diperoleh dari Platform Merdeka Mengajar (PMM), Guru di Kabupaten Siak yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka sekitar 73 persen, sampai di aksi nyata.

"Sebenarnya hampir semua sekolah di Kabupaten Siak sudah melaksanakan dan melapor, akan tetapi ada beberapa yang tidak terdata di sistem. Seperti ada 3 sekolah yang terdata belum login, tapi mereka sudah melapor kalau sudah sampai ke dalam aksi nyata", kata dia.

Wakil Bupati Siak Husni Merza dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Staf Ahli yang juga Konsultan Pembelajaran Ditjen GTK Kemendikbud RI Weilin Han beserta rombongan di Kabupaten Siak.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, kami mengucapkan selamat datang kepada Ibu Weilin Han di Kabupaten Siak, negeri Istana", ucap Husni.

Selanjutnya, Husni juga mengapresiasi para Guru dan Sekolah yang telah menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten. 

"Kami mengapresiasi para guru dan sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka, sehingga Kabupaten Siak masuk 5 besar dengan jumlah Login PMM terbanyak", kata Wabup Siak.

Baca Juga: Di Siak Ada Kelas Ibu-ibu Lansia Belajar Baca dan Tulis

Dari data yang didapat (Update data 22 Juli 2022), Untuk Kabupaten Siak jumlah Guru yang Login di PMM berjumlah 6.303 orang, dan yang telah selesai hingga melaksanakan aksi nyata sebanyak 73.59 persen. Sedangkan untuk sekolah yang telah login ke Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) berjumlah 440 dari 446 Sekolah di Kabupaten Siak.*





loading...
Loading...