Gubri Minta Lahan Sawah di Riau Tiga Kali Penen dalam Setahun

Gubri Minta Lahan Sawah di Riau Tiga Kali Penen dalam Setahun

15 Desember 2022
Gubri Syamsuar ikut panen raya padi di Siak

Gubri Syamsuar ikut panen raya padi di Siak

RIAU1.COM - Sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di daerah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar panen raya padi di Kampung Kemuningan Muda, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Rabu (14/12).

Gubernur Syamsuar mengatakan, pemerintah terus mendorong seluruh unsur yang ada di kabupaten/kota, termasuk para petani dan pihak swasta agar terus mengembangkan ketahanan pangan. 

"Bersyukur kita kepada allah SWT, Indonesia ini tidak kekurangan padi dan beras secara Nasional. Saya harapkan dengan upaya kita bersama ke depannya masih memungkinkan peningkatan produksi," kata Syamsuar.

Syamsuar mengharapkan, Siak atau daerah lain tidak hanya sekali panen padi dalam satu tahun, namun, bisa tiga kali musim panen dalam satu tahun.

"Dulu di Siak ini sempat 3 kali musim tanam padi, jika seperti itu kenapa tidak bisa untuk kedepannya," harapnya.

Selain itu, Syamsuar juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Siak ini jadi percontohan dan diharapkan bisa menjadi percontohan terus menerus. 

"Waktu kami jadi Bupati Siak tidak ada lagi ahli fungsi lahan ke lahan yang digunakan untuk kepentingan lainnya," ungkap Syamsuar.

Loading...

Oleh Karena itulah, sambung Syamsuar, terdapat kesepakatan antara petani dan komitmen bersama dikantor camat bunga raya itu jadi saksi hidupnya.

"Alhamdulillah atas kesepakatan itulah lahir peraturan daerah yang berkaitan dengan larangan ahli fungsi lahan," ucapnya.

Di Kabupaten Siak, Pemprov Riau tahun 2022 sudah dialokasikan bantuan yaitu, combine harvester besar 6 unit, combine harvester sedang 1 unit, traktor roda 4 ada 4 unit, traktor roda 2 ada 11 unit dan penangkaran benih padi sebanyak 130 hektar.

Ia berharap bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik guna terus meningkatkan produksi padi di Kabupaten Siak.

"Ini bantuan khusus untuk Kabupaten Siak terutama dalam rangka meningkatkan produksi tanaman padi ini," demikian gubri Syamsuar.*