Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Kota Sehat Kategori Padapa

Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Kota Sehat Kategori Padapa

20 November 2019
Kota Pekanbaru meraih penghargaan sebagai Kota Sehat kategori padapa pada kegiatan penganugerahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Foto: Humas Pemko Pekanbaru.

Kota Pekanbaru meraih penghargaan sebagai Kota Sehat kategori padapa pada kegiatan penganugerahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Foto: Humas Pemko Pekanbaru.

RIAU1.COM -Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meraih penghargaan sebagai Kota Sehat Kategori Padapa dalam Penganugerahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Anugerah KKS ini digelar di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan ini diterima karena Pemko Pekanbaru lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu. Peyelenggaraan Program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui Tatanan dalam KKS. 

Terdapat 2 tatanan yang dinilai dan hampir 100 indikator penilaian. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Penghargaan ini diterima oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru M Noer.

Ia menyampaikan rasa bahagia dengan kembali terpilihnya Kota Pekanbaru dalam penghargaan nasional. Pekanbaru kembali mendapatkan apresiasi pemerintah pusat. Pasalnya, Pekanbaru dinilai telah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Beberapa indikator yang dinilai adalah pengolahan limbah, sekolah sehat, program udara bersih, kebijakan tanpa rokok, program sanitasi, penyediaan fasilitas umum untuk penyandang disabilitas, dan lainnya. Tentunya, penghargaan ini tercapai atas kerja keras pemerintah dan masyarakat Pekanbaru.

Usai menerima penghargaan ini diharapkan Pekanbaru makin bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya. Dengan terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, maka dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat Pekanbaru.

Loading...

Di kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan bahwa dengan adanya penghargaan ini diharapkan implementasi indikator-indikator dalam penilaian kota sehat ini dapat ditingkatkan di waktu mendatang. Hal terpenting adalah konsistensi pelaksanaan indikator-indikator dalam kehidupan sehari-hari. 

"Kami harapkan semakin banyak lagi indikator kehidupan sehat yang diupayakan untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru adalah Kadisdalduk KB Kota Pekanbaru M Amin, Sekretaris Bappeda Boge Peni Sunestri Nurbayanti, Kabid Disdalduk Doni Sali Irwan, Kabid Promkes Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dan Kabid KB.