Inovasi Perkebunan Jempol Dinas Perkebunan Bengkalis Diparesiasi

Inovasi Perkebunan Jempol Dinas Perkebunan Bengkalis Diparesiasi

20 Desember 2023
Peringatan  Hari Perkebunan Nasional ke-66 tahun 2023 di Bengkalis

Peringatan Hari Perkebunan Nasional ke-66 tahun 2023 di Bengkalis

RIAU1.COM - Bupati Bengkalis Kasmarni mengapresiasi inovasi Perkebunan Jempol atau Jemput Bola yang diinisiasi Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis.

Inovasi ini sebagai upaya mendorong kinerja jemput bola Dinas Perkebunan Bengkalis kelapangan dalam melakukan pembinaan, sosialisasi dan membantu perkebunan Kabupaten Bengkalis. 

"Kami mengucapkan selamat Hari Perkebunan Nasional ke-66 tahun 2023, kepada pelaku perkebunan Kabupaten Bengkalis. Mari kita sambut hari perkebunan ini dengan rasa syukur serta memperkuat kolaborasi dan harapan, untuk perkebunan Kabupaten Bengkalis yang lebih baik, dan berkembang serta berkontribusi lebih besar lagi dalam mendorong perkebunan jaya masyarakat sejahtera, khususnya dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,"tutur Kasmarni.

Lebih lanjut Kasmarni katakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis memiliki perhatian besar pada sub sektor perkebunan ini, mengingat sebagian besar mata pencaharian dan sumber pendapatan masyarakat dari sektor ini. Artinya, sub sektor perkebunan memiliki peran yang sangat strategis terhadap perkembangan perekonomian daerah secara keseluruhan, baik menyangkut pendapatan pelaku usaha perkebunan, pendapatan daerah, maupun penyerapan tenaga kerja.

"Makanya kita terus berupaya memastikan program-program prioritas dan strategis daerah maupun nasional, khususnya di bidang perkebunan di daerah ini dapat berjalan sesuai target. Salah satunya dengan menggalakkan para petani pekebun kita untuk mengejar serta mendapatkan bantuan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit dan peremajaan sawit rakyat dari dana BPDP-KS," papar Kasmarni.

Dia juga menjelaskan, dari BPDP-KS telah menyediakan alokasi lima paket kegiatan untuk Kabupaten Bengkalis, yakni 150 hektar untuk jenis bantuan intensifikasi, 100 hektar untuk pembangunan jalan produksi, 1 unit alat transportasi, 2 sertifikat ispo dan 1 alat pasca panen.

"Kami berharap, semua itu harus kita pastikan dapat dinikmati oleh petani pekebun rakyat kita. Dan ini tentunya menjadi PR sekaligus tantangan bagi Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis, dan kami minta peluang tersebut harus benar-benar bisa terealisasi dengan capaian target 100%,"harapnya.

Pada tahun 2023 ini, pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan telah menyalurkan DBH sawit. Dan Alhamdulillah Kabupaten Bengkalis, menerimanya sebesar Rp 22.160.404.000, sebagai sumber pendanaan untuk pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan, serta untuk mendukung pengembangan sektor perkebunan sawit di daerah ini, agar bisa konsisten meningkatkan produksi sawit berkelanjutan.

Selanjutnya, Bupati Bengkalis Kasmarni berpesan kepada Gapoktan maupun Poktan yang hari ini juga menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kiranya bantuan tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk dengan baik, guna meningkatkan produktifitas perkebunannya untuk kesejahteraan.*