Transaksi Kredivo di Pekanbaru Tumbuh 2,5 Kali Lipat di 3 Kuartal Terakhir Tahun Ini

Transaksi Kredivo di Pekanbaru Tumbuh 2,5 Kali Lipat di 3 Kuartal Terakhir Tahun Ini

21 November 2023
Aplikasi Kredivo. Foto: Istimewa.

Aplikasi Kredivo. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pekanbaru menjadi salah satu kota prioritas ekspansi Kredivo dengan total pengguna di Pekanbaru mencapai puluhan ribu orang. Pekanbaru dinilai memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan. 

"Pekanbaru merupakan simpul segitiga ekonomi dengan letak geografis di antara Malaysia dan Singapura. Potensi tersebut juga sejalan dengan pertumbuhan jumlah transaksi offline Kredivo di Pekanbaru yang terus mengalami pertumbuhan hingga 2,5 kali lipat selama tiga kuartal terakhir tahun ini," kata SVP Marketing and Communications Kredivo Indina Andamari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/11/2023). 

Kredivo fokus pada perluasan penetrasi di Pekanbaru serta membantu pengusaha lokal meningkatkan bisnisnya dengan integrasi Paylater sebagai metode pembayaran digital. Tren penggunaan Paylater yang meningkat menunjukkan bahwa Pekanbaru merupakan kota yang memiliki potensi menjanjikan bagi Kredivo.

"Menyambut potensi yang ada, kami akan melanjutkan perluasan integrasi dengan pengusaha lokal. Hal ini guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus meningkatkan nilai tambah pengusaha lokal di tengah preferensi masyarakat terhadap pembayaran digital," ujar Indina. 

Saat ini, Kredivo telah terintegrasi dengan lebih dari 10 pelaku usaha lokal Pekanbaru, di antaranya Batam
Electronics, Duta Ponsel, Goldwin Ponsel, Harapan Ponsel, Kings, Miracle Store, Tangs Ponsel, WW Ponsel,
Dargan Cell, Just One Ponsel, Adi Ponsel, dan JC My Phone. Integrasi ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha meningkatkan bisnis. 

"Data Kredivo yang menunjukkan rata-rata jumlah pembelian (average order value) yang telah integrasi dengan Kredivo naik lebih dari dua kali lipat. Frekuensi transaksi pembelanjaan konsumennya naik hingga tiga kali lipat," ungkap Indina. 

Selain itu, integrasi pelaku usaha lokal yang sebagian besar produk gadget dan elektronik. Hal ini juga sejalan dengan tren penggunaan Kredivo Pekanbaru yang didominasi kategori produk tersebut sebesar 21 persen dari total nilai transaksi setelah produk pulsa and voucher.

Perluasan integrasi Kredivo dengan produk lokal Pekanbaru diharapkan akan mampu mendorong daya beli masyarakat seiring tersedianya metode pembayaran yang fleksibel dan terjangkau. Optimisme ini juga tercermin dari pertumbuhan nilai transaksi naik hingga 51 persen selama tiga kuartal terakhir tahun 2023.

"Kami tidak hanya menawarkan fleksibilitas dalam metode pembayaran di berbagai produk dengan opsi cicilan hingga 12 bulan dan bunga mulai 0 persen. Tetapi, kami juga memberikan pelanggan akses untuk melakukan top-up (pengisian) pulsa, paket data, pembayaran PLN prabayar, dan membayar berbagai tagihan lainnya," jelas Indina.

Lebih dari itu, Kredivo bermitra dengan PT FinAccel Digital Indonesia, penyedia layanan pinjaman berbasis teknologi informasi yang dikenal dengan nama platform (aplikasi) KrediFazz. Aplikasi ini untuk memberikan produk pinjaman tunai tanpa agunan dengan bunga yang terjangkau.

Guna terus menyeimbangkan peningkatan penggunaan dan jumlah pengguna di Pekanbaru, Kredivo terus
melakukan berbagai upaya agar masyarakat dapat menggunakan Paylater dengan bijak. Kredivo aktif
melakukan kegiatan edukasi agar semakin bijak dalam menggunakan Paylater.

"Agustus lalu, kami telah menyambangi Pekanbaru melalui gerakan Generasi Djempolan. Gerakan ini mengajak ratusan generasi muda di Pekanbaru agar menjadi pribadi yang kritis dan bijak dalam pengelolaan keuangan, termasuk pemahaman
mengenai layanan fintech,” sebut Indina. 

Sebagai aplikasi keuangan yang resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kredivo juga berkomitmen untuk terus menerapkan responsible lending (pinjaman sesuai kebutuhan) dengan menawarkan bunga yang rasional dan terjangkau. Kemudian, selektif dalam menyalurkan kredit kepada pengguna yang dibuktikan dengan tingkat gagal bayar yang rendah. Memberikan batas kredit secara proporsional sesuai dengan tenor dan kemampuan membayar konsumen.

Promo istimewa telah disiapkan untuk pengguna Kredivo di Pekanbaru. Mulai dari sekarang hingga 31 Desember 2023, pengguna Kredivo berkesempatan mendapatkan diskon sebesar 5 persen hingga Rp500 ribu dan bebas cicilan selama 1 bulan untuk tenor 12 bulan.