Pemko Dumai Dapat Penjelasan Penerimaan Komcad Matra Darat 2023

Pemko Dumai Dapat Penjelasan Penerimaan Komcad Matra Darat 2023

22 Januari 2023
Sosialisasi rekrut Komcad di Dumai

Sosialisasi rekrut Komcad di Dumai

RIAU1.COM - Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM Setdako Dumai, Drs. Muhammad Yunus menghadiri sosialisasi bersama Kementrian Pertahanan Republik Indonesia tentang rekrutmen personel Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun 2023 secara virtual akhir pekan ini.

Sosialisasi tersebut terhubung ke Makodam 1 Bukit Barisan yang rencananya pembentukan Komcad tersebut untuk kuota 500 orang dan seleksi akan diadakan ditingkat daerah dimulai pada tanggal 2 Januari sampai 14 April.

Kegiatan sosialisasi rekrutmen personel Komcad matra darat tahun 2023 ini diadakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kualifikasi syarat dan prosedur yang harus dipenuhi dalam mendaftar menjadi personel Komcad matra darat.

Pada kesempatan tersebut Kasdam I BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi menyebutkan bahwa Kodam 1 Bukit Barisan membutuhkan seluruh komponen bangsa untuk menjaga kedaulatan negara Indonesia.

"Komcad ini sudah sesuai dengan perundang-undangan, No. 23 Tahun 2019, dan ini juga sebagai bentuk untuk meningkatkan rasa bela negara kepada Indonesia, untuk itu dibutuhkan seluruh komponen bangsa dalam menjaga kedaulatan khususnya di wilayah Kodam I Bukit Barisan," ungkapnya.

Selanjutnya Dandim 0320 Letkol Arh Hermansyah Tarigan SE menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan informasi mengenai rekruitmen Komcad di wilayah Kodam Bukit I Barisan.

"Kita sama-sama nanti akan mendengarkan sosialisasi tersebut dari Kementrian Pertahanan dan ini kesempatan untuk pembinaan diri serta Komcad ini juga peluang bagi masyarakat untuk bisa menumbuhkan disiplin bagi instansi dan anggotanya, diharapkan calonnya siap untuk melaksanakan pelatihan semi militer selama 3 bulan," ucapnya.

Dia juga berharap dengan adanya pembukaan Komcad ini dapat menumbuhkan sikap disiplin dari anggotanya dan akan ada juga benefit yang diberikan oleh negara selama 3 bulan dan juga asuransi.

"Setelah menjadi anggota Komcad akan diberikan uang saku yang diberikan oleh negara dan mereka akan di didik dan dilatih dibawah binaan Kodim, dan ada 69 item perlengkapan yang diberikan kepada bersangkutan dan juga senjata yang diberikan juga lebih canggih," jelasnya.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan informasi yang cukup bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai personel komponen cadangan, selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengisi posisi di komponen cadangan matra darat.*