Azlaini Agus Tambah Bukti Laporkan Menag Yaqut ke Polda Riau

Azlaini Agus Tambah Bukti Laporkan Menag Yaqut ke Polda Riau

26 Februari 2022
Azlaini Agus/net

Azlaini Agus/net

RIAU1.COM - Azlaini Agus, tokoh masyarakat Riau menambah bukti laporan terhadap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ke Polda Riau terkait dugaan penistaan agama.

Ia sebelumnya mengadukan Yaqut ke Polda Riau secara lisan, Jumat (25/2). Hal itu dilakukan terkait ucapan Yaqut yang mengumpamakan suara sepiker masjid dengan gonggongan anjing, usai menghadiri pertemuan dengan tokoh agama, di Balai Serindit, Kediaman Gubernur Riau, Rabu (23/2).

Azlaini seperti dimuat CNNIndonesia kembali mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Sabtu (26/2) untuk melengkapi alat bukti.

"Kita lengkapi pertama naskahnya, kemudian bukti berupa video. Kita tunggu tindaklanjutnya," kata Azlaini, usai buat laporan di Polda Riau, Pekanbaru.

Dalam lampiran tanda terima atau bukti laporan pengaduan, laporan diterima Bamin Siaga II SPKT Polda Riau Bripka Edi Mulia perihal dugaan tindak pidana penistaan agama dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Sudah ada tanda terima, kemarin disuruh lengkapi [bukti] kita balik lagi [hari ini]. Sekarang baru video [sebagai bukti]," ujarnya.

Loading...

Azlaini mengaku telah menyiapkan sejumlah saksi ahli diantaranya ahli fiqih islam, saksi ahli bahasa, ahli informatika telematika dan saksi ahli hukum.

Azlaini turut mendapat dukungan dari Roy Suryo untuk menjadi saksi ahli. Dia berharap kepolisian dapat menindaklanjuti laporannya secara profesional. Menurutnya, persoalan menyangkut agama sangat sensitif apabila tidak diselesaikan dengan baik.

"Saya tentu berharap aparat penegak hukum polisi dan seterusnya bertindak profesional," tuturnya.*