Disdagtri Inhil Taja Sosialisasi Prosedur Ekspor

Disdagtri Inhil Taja Sosialisasi Prosedur Ekspor

30 November 2022
Sosialisasi prosedur ekspor bagi pelaku usaha

Sosialisasi prosedur ekspor bagi pelaku usaha

RIAU1.COM - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kegiatan sosialisasi prosedur pelaksanaan kegiatan ekspor, Rabu (30/11/2022). Acara dibuka oleh Bupati Inhil, HM Wardan yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, H Tengku Jauhari.

Kegiatan dilaksanakan di aula Arista Hotel dan dikuti oleh 40 peserta yang merupakan pelaku usaha yang ada di Kabupaten Inhil. Para peserta diberikan materi yang disampaikan oleh nara sumber dari Kementrian Perdagangan, Bea Cukai Tembilahan dan Balai Karantina Pertanian.

Kepala Disdagtri Inhil, Dhoan Dwi Anggara, S.STP, MH melalui Sekretaris Ronny Pagta, STP menyampaikan kegiatan sosialisasi laksanakan dalam rangka memberi pemahaman bagi pelaku usaha yang ingin melakukan kegiatan ekspor.

"Kita berikan pemahaman tentang tata cara kepengurusan dokumen ekspor tentunya dengan harapan membuka peluang alternatif pasar bagi produk komoditi yang dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Inhil sehingga berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi daerah," kata Ronny.

Loading...

Roni menambahkan Pemda Inhil berharap dengan adanya peran pelaku usaha ekspor dapat menyerap hasil komoditi masyarakat dan membuka peluang pasar alternatif pasar selain industri besar lokal.

"Selama ini banyak komoditi daerah Inhil yang dikirim keluar negeri namun karena tidak dilengkapi dengan dokumen ekspor yang tepat sehingga di catatan ekspor komoditi kita kurang dikenal bahkan bisa saja diakui sebagai hasil dari daerah atau negara lain," ujar Ronny.*