Senin, 20 Januari 2020

INTERNASIONAL

Fakta Menarik Tentang Hari Anti Korupsi Sedunia Yang Jatuh Hari Ini

news24xx


Ilustrasi Hari Anti Korupsi [Foto: Istimewa/internet] Ilustrasi Hari Anti Korupsi [Foto: Istimewa/internet]

RIAU1.COM - Pada saat ini dunia sedang memperingati Hari Anti Korupsi. Sebelum ditetapkan korupsi menjadi penyebab utama memburuknya perekonomian suatu bangsa.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Presiden Amerika Berkulit Hitam Pertama Resmi Dilantik

www.jualbuy.com

Membuat PBB menyetujui perjanjian antikorupsi pertama di dunia pada 9-11 Desember 2003 ditandatangani di Merdia, Meksiko, dinukil dari kompas.com, 9 Desember 2019.

Sehingga perjanjian tersebut diperingatinya sebagai Hari Antikorupsi sedunia.

Pada kesempatan yang berbeda konvensi PBB tentang antikorupsi diadopsi dalam Sidang Majelis Umum ke-58 melalui Resolusi Nomor 58/4 pada tanggal 31 Oktober 2003.

Penyusunan perjanjian tersebut bermula ketika Majelis Umum PBB dalam sidang ke-55 melalui Resolusi 55/61 pada 6 Desember 2000 memandang perlu merumuskan instrumen hukum internasional terkait antikorupsi.

Instrumen hukum internasional itu diperlukan untuk menjembatani sistem hukum yang berbeda dan sekaligus memajukan upaya pemberantasan korupsi secara efektif.

Baca Juga: Sistem Autoland Diciptakan Perusahaan Garmin International, Pesawat Bisa Mendarat Tanpa Intervensi Manusia

Iklan Riau1

Majelis Umum kemudian membentuk komite ad hoc yang bertugas merundingkan draf perjanjian.

Selama dua tahun komite ini yang diisi oleh negara-negara anggota PBB mampu merampungkan penyusunan draf. Setelah disusun perjanjian itu kemudian diajukan ke Majelis Umum PBB untuk disetujui.





Loading...