Minggu, 28 Februari 2021

INTERNASIONAL

Elizabeth Blackwell, Wanita Pertama yang Miliki Gelar Kedokteran

news24xx


Elizabeth Blackwell (Foto: Istimewa/Time Magazine) Elizabeth Blackwell (Foto: Istimewa/Time Magazine)

RIAU1.COM - Sempat mendapatkan pertentangan dari kaum pria lantaran profesi dokter identik dengan pria, Elizabeth Blackwell dinobatkan sebagai wanita pertama yang mendapatkan gelar kedokteran.

Gelar tersebut didapatkannya di Geneva Medical College, Jenewa, New York tahun 1849 dikutip dari kumparan.com, Sabtu, 23 Januari 2021.

Blackwell sendiri cukup beruntung. Pasalnya dia lahir dari keluarga yang amat mendukung cita-citanya. Ayahnya seorang abolisionis yang gigih dan baik. Saudara laki-lakinya serta istrinya aktif dalam gerakan hak pilih perempuan.

Baca Juga: The Musketeers of the Guard, Pengawal Khusus Paling Terkenal Sepanjang Sejarah



www.jualbuy.com

Kakak ipar perempuan lainnya adalah pendeta wanita pertama yang ditahbiskan dalam denominasi Protestan arus utama, dan adik perempuan Elizabeth, Emily, juga belajar kedokteran.

Kondis keluarga seperti itu membuat Elizabeth merasa terdorong untuk menjadi seorang dokter setelah percakapan dengan seorang teman yang tengah sekarat.

Setelah lulus, dia mendirikan klinik untuk orang miskin di New York City.

Seiring berjalannya waktu, dia juga berhasil mendirikan sebuah rumah sakit New York Infirmary for Women and Children pada tahun 1857 dengan bantuan saudara perempuannya dan anak didik lainnya.

Dia dan saudara perempuannya juga pernah melatih perawat selama Perang dan membuka perguruan tinggi kedokteran pada tahun 1868.

Dan akhirnya pindah ke London, menjadi profesor ginekologi di Sekolah Kedokteran untuk Wanita.

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Prosesor Intel Pentium yang Laris Manis di Pasaran





loading...
Loading...